Tekonologi
TISA, Teknologi Terkini yang Memudahkan Hidup Kaum Difabel Nicky Clara, Reynir Fauzan, Angkie Yudistia dan Susanto Djaja saat peresmian TISA (Foto:MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

TEKNOLOGI memiliki peran signifikan dalam membantu kehidupan umat manusia. Tak terkecuali untuk teman dengan disabilitas. Kehadiran teknologi mampu mempermudah hidup mereka.

Hal tersebut membuat banyak pihak terus melakukan inovasi untuk kaum difabel. Salah satunya ialah Thisable Enterprise.

BACA JUGA:

Piramida Giza Menghadirkan Fasilitas Terbaru untuk Wisatawan

Sebagai yayasan yang fokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas, Thisable Enterprise terus melakukan berbagai cara agar teman difabel mampu bersaing di berbagai industri salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang dapat menunjang hidup mereka.

Kali ini, Thisable Enterprise meluncurkan sebuah sistem informasi digital terbaru bernama TISA. TISA adalah personal assistant yang memiliki kemampuan artificial intelligence.

Chatbot TISA dibuat untuk memfasilitasi teman-teman disabilitas dalam mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif. "Aplikasi ini juga menyediakan berbagai informasi yang bisa diakses para orangtua yang memiliki anak dengan disabilitas atau mereka yang ingin berinteraksi dengan teman difabel," ujar CEO Thisable Enterprise Nicky Clara.

TISA
TISA akan membantu kaum difabe dalam berkomunikasi dan terhubung. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Chatbot ini juga terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan artifisial untuk memberikan layanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi teman-teman disabilitas.

Thisable Enterprise berkolaborasi dengan Kata.ai dan PT Metrodata Electronics Tbk dalam pembuatan dan pengembangan chatbot TISA. Kata.ai adalah perusahaan conversational artificial intelligence (kecerdasan artifisial untuk percakapan) yang memiliki fokus dalam mengembangkan teknologi untuk memahami percakapan manusia secara alamiah sehingga memungkinkan interaksi yang lebih baik dan lebih produktif antara manusia dan komputer.

Teknologi natural language processing (NLP) milik Kata.ai telah digunakan untuk mengembangkan chatbot atau asisten virtual dari berbagai perusahaan besar di Indonesia. Adanya Chatbot TISA ini diharapkan akan menjadi wajah virtual yang mempresentasikan Thisable kepada para pemangku kepentingan untuk terciptanya ekosistem yang inklusif.

TISA akan memiliki beberapa fitur informasi dan bantuan bagi para penyandang disabilitas yang menghubungi, seperti customer service, learning center, dan collection reminder. Teman-teman disabilitas juga akan mendapatkan informasi seputar pekerjaan, pendaftaran kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-program Thisable lainnya.

“Teknologi kecerdasan artifisial (AI) sering dianggap hadir untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, melalui kolaborasi Kata.ai dengan Thisable dan MII, teknologi AI justru dapat membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan literasi digital dan juga produktivitas kerja mereka. Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini,” ungkap CMO & Co-Founder Kata.ai Reynir Fauzan.

TISA
Kolaborasi berbagai sektor demi kehidupan teman disabilitas (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Sementara itu, Metrodata memberikan kontribusi dalam melakukan implementasi chatbot bernama TISA. "Saat ini layanan customer service berbasis messenger sudah berfungsi menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24 jam, ” tutur Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja.

Lebih lanjut Susanto menuturkan pengembangan modul akan terus dilakukan Metrodata agar dapat membantu teman-teman penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh pekerjaan. “Sebagai kelanjutannya, aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja,” tambah Susanto.

Dengan melihat kemajuan yang dilakukan untuk kaum difabel, Founder Thisable Enterprise yang juga Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia, mengaku bahagia. "Saya bangga karena suksesor saya jauh lebih maju daripada apa yang sudah saya lakukan dulu. Terima kasih karena sudah melakukan yang terbaik," ujarnya.

TISA merupakan chatbot pertama yang akan memberikan akses informasi kepada teman-teman disabilitas. Teknologi itu diharapkan dapat membantu dan menjawab kebutuhan informasi para penyandang disabilitas. Di masa depan, TISA akan terus dikembangkan menyesuaikan era digital dan kebutuhan informasi teman-teman disabilitas.(avia)

BACA JUGA:

Katakan dengan Bunga untuk Berbagai Kesempatan

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kemenparekraf Dukung Desainer Indonesia di London Design Biennale
Fashion
Kemenparekraf Dukung Desainer Indonesia di London Design Biennale

Dipilih berdasarkan sembilan proposal karya yang mengajukan.

Nilai Kekayaan Elon Musk Meningkat 524% Selama Pandemi
ShowBiz
Nilai Kekayaan Elon Musk Meningkat 524% Selama Pandemi

Kini Ia Orang Terkaya Nomor 2 Di Dunia

Foo Fighters Resmi Umumkan Tur Inggirs Musim Panas 2022
ShowBiz
Foo Fighters Resmi Umumkan Tur Inggirs Musim Panas 2022

Dave Grohl dan kawan-kawan siap kembali menggempur Inggris pada Juni dan Juli 2022.

Dampak Negatif Penggunaan Ponsel Berlebih
Fun
Dampak Negatif Penggunaan Ponsel Berlebih

Berikut ini dampak negatif yang timbul jika terlalu sering terpapar radiasi ponsel.

Armand Maulana, Efek Rumah Kaca, Hingga .FEAST Siap Ramaikan ‘Safe Room Concert’
ShowBiz
Armand Maulana, Efek Rumah Kaca, Hingga .FEAST Siap Ramaikan ‘Safe Room Concert’

Konser ini sekaligus menggalang donasi yang 100% akan disalurkan kepada lapisan masyarakat yang membutuhkan.

Beberapa Aktivitas Mindfulness Ini Membantu Meredakan Stres
Fun
Beberapa Aktivitas Mindfulness Ini Membantu Meredakan Stres

Bisa diterapkan pada aktivitas sehari-hari.

Dewa United Esports Rekrut Anggota Baru, Dewa Bucin
Fun
Dewa United Esports Rekrut Anggota Baru, Dewa Bucin

Dewa United Esports rekrut member anyar.

Warner Music Group Jalin Kemitraan dengan Platfrom Kuaishou
ShowBiz
Warner Music Group Jalin Kemitraan dengan Platfrom Kuaishou

Dengan misi merangkul semua jenis gaya hidup lewat video pendek.

Foo Fighters Sukses Mengguncang Madison Square Garden
ShowBiz
Foo Fighters Sukses Mengguncang Madison Square Garden

Konser berkapasitas penuh pertama di Madison Square Garden pasca pandemi pertamakali diumumkan.