Tips Traveling Nyaman Saat Bulan Puasa Tips Traveling di bulan ramadan (Sumber: Pixabay/freephotocc)

RAMADAN tinggal menghitung hari. Di bulan yang penuh berkah itu umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu hari penuh dimulai dari azan Subuh hingga azan Maghrib. Aktivitas tersebut akan rutin dijalankan selama satu bulan penuh.

Bagi seorang traveler sejati, bulan puasa bukanlah halangan untuk melakukan petualangan. Namun, agar tidak kelelahan atau batal menjalankan ibadah puasa, ada baiknya mengikuti tips-tips berikut ini. Dengan begitu ibadah lancar, traveling jalan terus.

1. Konsumsi makanan berserat saat sahur dan berbuka

Konsumsi makanan berserat (Sumber: Pixabay/RitaE)
Konsumsi makanan berserat (Sumber: Pixabay/RitaE)

Selama satu hari penuh kita dilarang untuk makan dan minum. Hal itu tentu membuat tubuh kita menjadi lemas dan cepat lelah. Mengonsumsi makanan berserat serta berprotein tinggi saat sahur dan berbuka tentu menjadi solusinya.

Selain itu disarankan untuk menghindari makanan pedas dan berminyak. Karena mereka hanya akan membuat lambungmu bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Selain itu kemungkinan untuk sakit perut atau gangguan pencernaan pun lebih besar ketika mengonsumsi makanan pedas.

2. Minum air putih yang cukup

Minum air yang cukup (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Minum air yang cukup (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Aktivitas traveling tentunya cukup menguras tenaga. Apalagi dilakukan ketika kamu menjalani ibadah puasa. Solusinya selain memilih makanan yang tepat, mengonsumsi air yang cukup ketika sahur, berbuka dan mau tidur juga sangat disarankan.

Apalagi air putih mampu menetralisir bakteri organisme pada luka lambung serta mendorong issa makanan yang menempel di sana. Minum setidaknya 8 gelas sehari dengan pembagian tiga saat sahur, tiga saat berbuka dan dua ketika hendak tidur.

3. Pilih lokasi wisata yang tepat

Salah satu Bangunan Pathok Negoro Yogyakarta. (FOTO dok. panduanwisata)
Salah satu Bangunan Pathok Negoro Yogyakarta. (FOTO dok. panduanwisata)

Tentu kamu tak ingin karena hobimu traveling membuat gagal beribadah. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu lebih selektif memilih tujuan berwisata saat di bulan Ramadan. Misalnya saja tempat-tempat yang sejuk seperti perbukitan atau kaki gunung.

Sangat tidak disarankan untuk memilih lokasi yang panas seperti pantai, atau membutuhkan tenaga ekstra misalnya mendaki gunung. Karena di bulan Ramadan mungkin lebih baik memilih tempat-tempat wisata religi seperti masjid bersejarah.

4. Jangan tinggalkan salat

Jangan sampai meninggalkan salat (Sumber: Pixabay/rudolf_langer)
Jangan sampai meninggalkan salat (Sumber: Pixabay/rudolf_langer)

Jangan sampai kamu menjalankan ibadah puasa tapi tidak melaksanakan kewajiban lain yakni salat. Jika itu terjadi, amat disayangkan kamu hanya mendapat lemas karena menahan lapar dan haus saja, sementara pahalanya lenyak tak tersisa.

Oleh karena itu, dimanapun kamu berada jangan meninggalkan salat. Kamu bisa membawa perlengkapat salat yang praktis dan memasukannya ke dalam tas. Jika perlu, cari tahu dulu tempat salat di tempat wisata yang kamu tuju.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH