5 Tips Bermanfaat saat Traveling ke Negeri Gajah Putih, Thailand Salah satu tempat wisata di Thailand (Sumber: Pixabay/Mariamichelle)

THAILAND adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang layak untuk dikunjungi traveler. Ada sederet destinasi yang bisa dinikmati mulai dari wisata alam seperti Phuket dan Krabi atau wisata sejarah seperti The Grand Palace dan Wat Arun.

Belum lagi kuliner yang cukup menggugah selera. Semua lengkap disajikan oleh Negeri Gajah Putih itu. Nah, bagi yang berencana untuk melakukan perjalanan traveling ke Thailand, mungkin kamu harus beberapa tips dari Culture Trip. Dengan begitu kunjunganmu menjadi sedikit lebih mudah dan menyenangkan.

1. Bawa uang tunai

Uang tunai sangat diperlukan (Sumber: Pixabay/jarmoluk)
Uang tunai sangat diperlukan (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Selain restoran, hotel atau mall mewah, masyarakat Thailand hanya mengandalkan uang tunai. Tentu tak ada gunanya pergi ke pasar dengan membawa kartu kredit.

Selain itu banyak akomodasi kecil hanya menerima uang tunai misal restoran lokal dan banyak tempat wisata. Hal tersebut juga berlaku pada agen tur wisata.

Oleh karena itu membawa uang tanai adalah solusi terbaik. Pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup untuk membayar kebutuhan sehari-hari.

Mesin ATM umumnya tersedia secara luas, bahkan di kota-kota kecil. Tapi kalau kamu melakukan perjalanan ke pulau terpencil yang terbaik adalah mengisi kembali dompet kamu dengan uang tunai.

2. Pertimbangkan kembali menyewa sepeda motor

Pikir dua kali sebelum menyewa sepeda motor (Sumber: Pixabay/Capri23auto)
Pikir dua kali sebelum menyewa sepeda motor (Sumber: Pixabay/Capri23auto)

Sebenarnya banyak turis di Thailand melakukan penjelajahan menggunakan sepeda motor, meski begitu ini tidak di rekomendasikan. Banyaknya pengendara yang tidak berpengalaman serta cacatan keselamatan buruk di Thailand adalah alasannya.

Saat mengalami luka karena kecelakaan pasti akan mengganggu jadwal wisata kamu. Namun kalau bersikeras menyewa sepeda motor atau skuter, jangan pernah mengendarainya tanpa menggunakan helm, helm full-face sangat direkomendasikan. Kenakan juga alas kaki tertutup dan pakaian panjang.

3. Tetap sehat

Jaga kondisi kesehatan kamu (Sumber: Pixabay/Gulcinglr)
Jaga kondisi kesehatan kamu (Sumber: Pixabay/Gulcinglr)

Saat traveling sering kali kita mengabaikan kesehatan. Tapi, kamu mungkin akan menyesal nanti. Binatang sekecing nyamuk pun bisa menjadi masalah, terutama saat musim hujan. Selain mengganggu, serangga ini bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah atau malaria.

Jangan lupa semprotkan anti serangga saat malam hari di luar ruangan atau ketika trekking di hutan. Mengenakan pakaian panjang juga bisa membantu menghindari gigitan.

Di Thailand juga memiliki banyak hewan liar, sehingga bisa membuat kamu tergoda untuk memelihara anak kucing atau anjing kecil. Namun rabies adalah masalah lain di sana. Gigitan monyet juga bisa berbahaya.

4. Jangan lupa menawar

Jangan lupa tawar menawar (Sumber: Pixabay/Pexels)
Jangan lupa tawar menawar (Sumber: Pixabay/Pexels)

Tawar-menawar biasa terjadi di banyak pasar (non-makanan) di Thailand. Kamu harus bisa menguasai seni negosiasi jika kamu menginginkan harga yang terbaik. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menyewa tuk tuk bisa memerlukan sedikit tawar menawar.

Meski mereka memiliki mesin argo atau meteran, banyak pengemudi taksi yang sudah menetapkan harga. Keahlian tawar-menawar juga dapat membantu kamu mendapatkan penawaran wisata, kegiatan, dan bahkan akomodasi.

5. Bersiap untuk suhu dingin

Bawa setidaknya satu sweater (Sumber: Pixabay/StockSnap)
Bawa setidaknya satu sweater (Sumber: Pixabay/StockSnap)

Sama seperti Indonesia, Thailand adalah negara tropis. Kamu mungkin tidak terpikirkan untuk membawa sweater atau jaket di negara tropis seperti Thailand. Namun, anggapan itu akan berubah saat kamu naik bus, mini bus atau kereta api. Masyarakat Thailand sepertinya punya opsesi dengan suhu dingin.

Bawa setidaknya satu sweter atau jaket ringan dan kenakan ketika menggunakan transportasi umum. Kamu mungkin juga merasakan manfaatnya jika menghabiskan berjam-jam berburu barang murah di mall-mall besar. Selain itu, beberapa daerah di Thailand sebenarnya bisa menjadi sangat dingin di utara.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH