Pelesir Nyaman Saat Puasa Jamaah Satariyah menilik bulan. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

PELESIR memang menyenangkan. Namun, di bulan Ramadan seperti sekarang, banyak pelancong justru mengurangi aktivitas ini. Alasannya, takut tidak tahan puasa.

Padahal, asalkan tubuh bugar, pelesir tidak akan mengganggu puasamu. Apalagi ada banyak cara mempertahankan kebugaran tubuh.

Buat yang hobi pelesir ada beberapa cara agar tetap bugar walaupun jalan-jalan selama puasa.

Apa saja itu? Berikut tips pelesir nyaman selama Ramadan dari Merahputih.com.

1. Kunjungi wisata ramah Muslim

Masjid Pacinan Tinggi, Kampung Pacinan, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: penghubung.bantenprov.go.id)
Masjid Pacinan Tinggi, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: penghubung.bantenprov.go.id)

Mengunjungi tempat wisata ramah Muslim tentunya akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi tanpa khawatir dengan godaan berbuka sebelum Maghrib. Sebagai negara dengan umat Muslim terbesar di dunia, kamu tak akan sulit menemukan tempat itu di Indonesia.

Kamu bisa mengunjungi masjid-masjid bersejarah di berbagai daerah. Di Kudus, misalnya. Di sana ada Masjid Menara Kudus yang dibangun pada 1549. Bangunan ini memiliki keunikan karena arsitekturnya memadukan budaya Islam dengan Hindu-Budha.

Jika ingin traveling ke luar negeri kamu bisa memilih negara-negara muslim seperti Malaysia atau Brunei Darussalam. Selain menikmati keindahan destinasi di sana, kamu juga bisa berburu kuliner khas negara-negara tersebut.

2. Cari tahu waktu sahur dan berbuka

Ilustrasi berbuka puasa
Ilustrasi berbuka puasa.

Hal ini tentunya adalah salah satu yang paling penting. Sebelum pelesir, coba cari tahu dulu waktu sahur dan berbuka di tempat yang kamu kunjungi. Terlebih jika tempat tujuan memiliki zona waktu berbeda.

Di zaman sekarang, cara mencari tahunya waktu sahur dan berbuka cukup mudah. Kamu hanya mengunduh aplikasi khusus Muslim di smartphone. Banyak aplikasi yang menyediakan fitur lengkap seperti jadwal salat, waktu imsak, dan arah kiblat.

3. Pilih makanan bergizi saat sahur

Ilustrasi (turkiyegazetesi.com)
Ilustrasi. (Foto: Turkiyegazetesi.com)

Pelesir tentu menguras banyak tenaga. Oleh karena itu kamu membutuhkan asupan makanan bergizi saat sahur. Dalam satu menu pastikan ada kandungan karbohidrat, protein dan serat yang cukup.

Sangat mudah mendapatkan menu-menu itu di bulan puasa. Karena di waktu sahur warung tegal (warteg) yang ada di pelosok Indonesia sudah buka. Kamu juga bisa sambangi tempat-tempat makan yang serupa.

Satu hal yang harus diingat adalah jangan makan dan minum teh atau kopi berlebih. Karena dua minuman itu akan memicu kamu mengeluarkan urin lebh banyak. Coba minum air putih minumal tiga gelas.

4. Tidak melakukan aktivitas berat

Berarung jeram di Sungai Ciberang, Lebak, Banten. (Foto: instagram)
Berarung jeram di Sungai Ciberang, Lebak, Banten. (Foto: Instagram)

Agar tenaga tidak terbuang percuma, alangkah lebih baik jika selama menjalani puasa kamu tidak melakukan aktivitas yang berat seperti hiking atau arung jeram.

Kamu bisa mengurangi aktivitas di luar ruangan pada siang hari dan mengubah jadwal menjadi pagi atau sore hari menjelang berbuka puasa. Saat siang bisa melakukan aktivitas di ruangan seperti museum.

Aktivitas sore hari saat kamu traveling di bulan Ramadan adalah berburu kuliner di tempat yang dikunjungi.

5. Jangan tergoda aktivitas yang membatalkan puasa

Es dawet. (Instagram/ verrytrimarhadi)
Es dawet. (Instagram/ Verrytrimarhadi)

Cobaan paling berat bagi traveler saat bulan puasa adalah makanan yang dijajakan di pinggir jalan. Apalagi jika tempat yang dikunjungi kurang ramah Muslim. Tentu cobaan akan semakin bertambah.

Cobalah tetap tegar dan bulatkan niat. Jangan sampai hal tersebut malah membatalkan ibadah puasa kamu. Seperti yang dijelaskan pada poin 4, kamu bisa melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Sahabat Merah Putih, itulah lima tips agar jadwal pelesir kamu tak terganggu meski melakukan sedang puasa.

Kamu juga bisa baca artikel lain tentang Memasuki Bulan Suci, Ini Jenis-jenis Kurma Favorit Ramadan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH