Tips Tinggalkan Rumah Agar Aman Saat Libur Natal dan Tahun Baru Pastikan rumah kamu aman saat ditinggal liburan Natal dan Tahun Baru (Foto: Pixabay/Pexels)

HARI Raya Natal dan tahun baru 2019 hanya tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah orang biasanya menghabiskan liburan Natal dan tahun baru dengan mudik ke kampung halaman atau bahkan ke luar negeri.

Ketika kamu beserta keluarga berpergian keluar kota atau ke luar negeri di libur Natal dan tahun baru, tentu rumah kamu akan kosong tanpa penghuni. Ketika meninggalkan rumah dibutuhkan tips-tips ampuh guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk itu kali ini merahputih.com telah merangkum berbagai langkah aman untuk meninggalkan rumah saat liburan, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Kunci semua pintu dan cabut selang gas

Jangan lupa kunci semua pintu dan jendela serta cabut selang gas (Foto: Pixabay/cordmediastuttgart)

Pertama-tama kamu pastikan pintu dan jendela di seluruh bagian rumah telah terkunci. Bila perlu gunakanlah gembok atau kunci tambahan untuk pengamanan ekstra. Selain itu Kebocoran tabung gas kerap menjadi pemicu terjadi kebakaran, untuk itu lebih baik kamu cabut selang gas di dapur guna menghindari ancaman kebarakan.

2. Cabut kulkas dan keluarkan semua isinya

Matikan lampu dan alat elektronik yang tak perlu (Foto: Pixabay/gerat)

Matikan seluruh lampu dan alat elektronik yang tak perlu, sisakanlah lampu di halaman rumah agar tetap menyala. Hal itu agar di malam hari suasana depan rumah kamu terlihat terang seperti berpenghuni. Sementara untuk alat elektronik didalam rumah sebaiknya dimatikan seluruhnya karena tak terpakai. Khusus kulkas sebelum dimatikan, kosongkan semua isinya. Ini untuk mencegah bau kurang sedap dan membusuknya makanan.

3. Pasang CCTV untuk menambah keamanan

Pasang CCTV jika perlu (Foto: Pixabay/elasticcomputefarm)

Untuk kamu yang ragu dengan keamanan rumah. Kamu dapat memasang cctv dan mengunduh aplikasi agar dapat mengontrol suasana rumah dari jauh. Tapi pemasangan CCTV tentu akan menghabiskan biaya ekstra. Untuk kamu yang memiliki bujet lebih rasanya bukan menjadi masalah.


4. Simpan uang dan barang berharga dalam brankas

Simpan barang-barang dan uang di tempat yang aman (Foto: Pixabay/kalhh)

Demi keamanan, sebaiknya kamu jangan menyimpan uang banyak di rumah. Lebih baik kamu menyimpannya di bank terlebih dahulu. Begitu juga dengan barang-barang serta surat berharga, sebaiknya kamu simpan di brankas atau tempat aman yang lainnya.

5. Beri tahu tetangga dan keamanan lingkungan

Informasikan kepada tetangga terdekat jika kamu ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama (Foto: Pixabay/Zstupar)

Langkah aman untuk meninggalkan rumah ialah memberitahukan kepada tetangga terdekat jika kamu akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Dengan begitu, mereka akan membantu mengamankan rumah kamu dari para pendatang yang tak dikenal. Bila perlu kamu laporkan kepada RT dan petugas keamanan komplek untuk memantau keamanan rumah kamu. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Susah Move On di 2018: Karena Deretan Festival Musik Terbesar Ini?

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH