Kesehatan

Tips Tetap Bisa Olahraga di Bulan Puasa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 03 Juni 2018
Tips Tetap Bisa Olahraga di Bulan Puasa
Olahraga. (istyle.id)

AKTIVITAS biasanya berkurang drastis saat berpuasa. Asupan makanan-minuman berpengaruh pada kurangnya energi dalam tubuh kita. Namun demikian, puasa tidak berarti membuat kita berhenti dari bekerja atau berkegiatan. Umat muslim harus tetap kegiatan seperti biasa bahkan memperbanyak kegiatan ibadah.

Salah satu kegiatan yang biasa hilang saat berpuasa yaitu olahraga. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Meski pun olahraga yang dilakukan ringan.

Olahraga pada saat berpuasa tentu disesuaikan dengan kondisi tubuh. Selain itu, pemilihan waktu juga sangat penting. Kamu bisa berolahraga setelah sahur atau jelang magrib sambil menunggu berbuka.

Kamu masih bisa tetap berolahraga saat bulan puasa dengan tips merahputih.com berikut, dilansir dari iStyle;

1. Pilih Olahraga Santai

Olahraga lari. (istyle.id)
Olahraga lari. (istyle.id)

Lakukanlah olahraga santai seperti yoga atau jogging santai. Selain ringan, olahraga ini bisa kamu lakukan di sekitar rumah. Olahraga selama 15-30 menit per hari sudah cukup kok. Saran aku, hindari olahraga yang menguras tenaga seperti berenang. Kamu juga berisiko menelan air tanpa sengaja yang bisa membatalkan puasa.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Olahraga peregangan. (istyle.id)
Olahraga peregangan. (istyle.id)

Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah sebelum buka dan sebelum sahur. Yes, coba deh olahraga ringan sebelum berbuka puasa atau melakukan stretching sejenak sebelum sahur. Jangan dilakukan saat jam puasa, cari perkara itu namanya, hehe. Ingat juga untuk tidak olahraga sebelum tidur karena dapat berpotensi menyebabkan insomnia.

3. Konsumsi air putih

Olahraga. (istyle.id)
Olahraga. (istyle.id)

Pastikan kamu rajin minum air putih, termasuk saat sebelum dan sesudah olahraga. Ini berguna supaya kamu terhindar dari dehidrasi. Cairan dari air putih juga bermanfaat menambah energi kamu saat berolahraga. Tapi ingat ya, konsumsi air putihnya setelah buka puasa atau sebelum imsak. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Dalam Rumah

#Olahraga #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan