Tips Terapkan Diet Vegetarian Pada Anak

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 09 Mei 2022
Tips Terapkan Diet Vegetarian Pada Anak
Tingkatkan nutrisi dengan makanan segar. (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

KELUARGA yang menjalani hidup sebagai vegetarian, tentu mengutamakan makanan yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan dan menghindari konsumsi makanan hewani. Dalam mengenalkan vegetarian pada anak, orang tua perlu tahu apa saja makanan yang dibutuhkan.

Mengutip laman ANTARA, Minggu (8/5), studi dari Universitas Toronto dalam jurnal Pediatrics menyebutkan anak-anak yang menjalankan diet vegetarian memiliki pola pertumbuhan dan ukuran nutrisi yang serupa dengan yang tidak.

Meski demikian, penelitian juga menggarisbawahi anak vegetarian cenderung kekurangan berat badan, sehingga para ahli menekankan perlunya perhatian khusus. Dokter anak di Nationwide Children's Hospital Dr. Amrik Singh Khalsa mengatakan anak-anak dengan diet vegetarian tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam skor pertumbuhan atau nutrisi. "Perlu ada variasi diet vegetarian dan penting untuk melakukan penelitian pola diet lebih dalam," katanya.

Baca juga:

Kiat-kiat Mulai Diet Vegan, Sulit tapi Yakin Kamu Bisa

Tips Terapkan Diet Vegetarian Pada Anak
Berikan kesempatan kepada anak untuk memilih jenis makanan. (Foto: Unsplash/Katie Smith)

Ada pun beberapa saran bagi orang tua untuk menambahkan lebih banyak variasi pola makan vegetarian pada anak, yang pertama, cobalah berbagai rasa, bentuk, dan warna. Dokter farmasi dan bergelar sarjana di bidang nutrisi, Dr. Amy Sapola merekomendasikan agar mereka diperkenalkan dengan berbagai sayuran yang berbeda dengan rasa, tekstur, dan warna yang berbeda.

"Pastikan ada variasi dalam makanan, termasuk berbagai warna sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan telur dari ayam betina yang dibesarkan di padang rumput," katanya.

Untuk membantu perencanaan makan, ia menyarankan agar orang tua memberikan enam variasi rasa dalam makanan seperti manis, asin, asam pedas, pedas, dan sepet. Tambahkan juga variasi warna pada makanan dengan buah-buahan, sayuran, hingga kacang-kacangan.

Baca juga:

Mau langsing? Yuk Coba Diet Kopi Hitam!

Tips Terapkan Diet Vegetarian Pada Anak
Menyarankan agar orang tua memberikan enam variasi rasa dalam makanan. (Foto: Unsplash/Joseph Gonzalez)

Orang tua juga harus memberi kesempatan kepada anak untuk memilih jenis dan jumlah makanan yang tersaji di dalam piring.

"Ini menjadi tantangan bagi orang tua, tetapi bisa menjadi cara untuk menata ulang makan malam, menyajikan bahan-bahan secara terpisah, dan membiarkan anak-anak menyusun makanan ke dalam piring mereka sendiri," tambahnya.

Yang terakhir adalah tingkatkan nutrisi dengan makanan segar. Hal tersebut berarti agar orang tua menghindari sayuran yang terlalu matang ketika menumis, memanggang, atau mengukus. Orang tua juga disarankan menambah minyak zaitun ke sayuran untuk membantu meningkatkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. (and)

Baca juga:

Diet Vegan Paling Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

#Kesehatan #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan