Tips Simpel Pengecekan Mobil Pasca Mudik, Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah Cek kendaraan kamu paska mudik, demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara (Foto: pixabay/mikephotos)

PASCA berakhirnya hari Raya Idul Fitri, penting untuk mengecek mobil. Khususnya yang telah digunakan untuk perjalanan mudik ke kampung halaman.

Karena pada saat itu, kendaraan menempuh jarak yang cukup panjang serta medan yang bisa terbilang berat. Karena itu, kamu jangan lantas tinggal diam terhadap mobil usai digunakan untuk mudik.

Agar kondisi mobil kamu tetap prima, lakukanlah pengecekan beberapa bagian penting. Guna memastikan tak ada masalah yang berarti.

Tapi sebelum bersihkan mobil mulai dari luar, dalam, bagasi hingga ruang mesin agar kondisinya segar kembali dan memudahkan dalam pengecekan. Seperti rilis yang diterima merahputih dari Auto 2000, berikut ini komponen yang harus kamu cek pasca mudik.


1. Ban

Ban mobil merupakan komponen yang sangat penting (foto: pixabay/mikephotos)

Salah satu komponen mobil yang bertugas sangat berat ialah ban. Dari mulai menopang tubuh mobil, mengarahkan dan mengatur laju mobil hingga meredam getaran yang diterima dari kondisi jalan. Lalu hampir setiap mobil yang digunakan untuk mudik penuh dengan muatan orang dan barang dalam jumlah besar.

Caranya ialah cek ulang tekanan angi ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Setelah itu cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak hingga dinding ban. Ukur pula ketebalan telapak ban dan pastikan tak ada cacat pada dinding ban. Lalu yang tak kalah penting cek juga kondisi pelek dan cek kondisi ban serep.

2. Oli Mesin

Pastikan kondisi oli mobil selalu prima (foto: pixabay/dokaryan)

Oli pada mesin ibarat darah para mobil. Karena itu lakukanlah pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambah jika kurang dan perhatikan juga kondisi fisik oli tidak seperti biasanya. Dalam hal ini berwarna coklat, keruh atau kental.

Selanjutnya, jika volume oli mesin berkurang banyak atau terjadi perubahan fisik. Segeralah membawa mobil kamu ke bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan lebih dalam.


3. Kaki-Kaki Mobil

Lakukan pengecekan kaki-kaki untuk keamanan dalam mengemudi (Foto: pixabay/derecodeco)

Pada area kaki-kaki mobil, terdapat 4 komponen penting, antara lain yaitu sistem kemudi, suspensi, rem dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan serta mendapat tekanan dari gaya mengemudi kamu dan kondisi jalan.

Semakin berat untuk mobil penggerak roda depan depan, karena seluruh komponen terpusat di bagian depan. Periksalah jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukanlah spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

4. Cairan Mobil

Pastikan tak ada cairan penting yang bocor atau kurang (Foto: pixabay/markusthomasde)

Perjalanan mudik yang panjang dan berat tentu akan menyiksa mobil Biasanya yang terkena imbas ialah cairana mobil yang ditandai dengan penguapan. Lakukanlah pengecekan air radiator, minyak rem, air aki basah, minyak koplik manual, oli transmisi otomatis, freon AC, dan air wiper.

Baca juga:

Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar

Tambahkanlah sesuai takaran standar pabrikan dan juga periksa jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan sampai kamu mengabaikan jika ada sesuatu yang mencurigakan.

Nah itu dia beberapa tips simpel pengecekan mobil pasca mudik. Semoga bermanfaat yah guys. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH