Hindari Dampak Buruk Fast Charging dengan Cara Ini Cas cepat ponsel pintar bisa memengaruhi perangkat. (Pixabay/DariuszSankowski)

PENGGUNA ponsel pintar yang banyak bekerja di luar ruangan mungkin merasa sangat terbantu dengan teknologi cas cepat atau fast charging yang kini banyak ditemukan di ponsel berdaya besar.

Namun, tahukah kamu, meski penggunaan fitur fast charging sangat bermanfaat bagi sebagian orang, teknologi ini juga memiliki berdampak buruk bagi ponsel pintar kamu.

Seperti dilansir laman Phone Arena, mengisi baterai dengan cara cas cepat memang tidak segera merusak ponsel, misalnya ponsel jadi panas lalu meledak. Dampak fast charging ke baterai mungkin akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

Ketika mengisi daya dengan cara pengecasan cepat, tenaga yang dibutuhkan untuk mengalirkan listrik ke perangkat diperbesar agar waktu mengisi daya dapat berkurang. Dalam jangka panjang, hal itu akan berpengaruh ke perangkat keras ponsel.

Terlebih jika pengecasan dilakukan sambil bermain gim atau aplikasi, atau ponsel diletakkan di ruangan yang bersuhu tinggi.

Selain itu, ada juga pengguna ponsel pintar yang terbiasa mengisi daya ponsel semalaman karena tertidur.

Jangan khawatir, fitur cas cepat yang disediakan ponsel pintar saat ini bisa kok dimatikan jika sedang tidak diperlukan. Penasaran? Baca nih caranya.

1. Pengaturan di Ponsel Pintar

Pengaturan Mematikan Fast Charging di Ponsel. (Pixabay/rawpixel)
Lakukan pengaturan cas cepat di ponsel. (Pixabay/rawpixel)

Beberapa produsen ponsel menyediakan fitur cas cepat untuk dapat dinyalakan atau dimatikan.

Biasanya, mereka menaruh pengaturan ini di menu 'Battery'. Carilah pilihan 'fast charging' atau 'quick charge'.

2. Gunakan Pengecas Berbeda

Mengganti Charger (Pixabay/ReadyElements)
Gantilah pengecas yang kamu gunakan.(Pixabay/ReadyElements)

Jika tidak ada pilihan untuk mematikan fitur cas cepat, kamu bisa menggunakan pengecas serupa yang tak memiliki daya yang tinggi. Usahakan daya pada pengecas yang digunakan di bawah 5 volt dan 2 ampere.

3. Laptop sebagai Alternatif

Charger Ponsel Pintar denga Laptop. (Pixabay/TheDigitalWay)
Cas ponsel pintar di laptop. (Pixabay/TheDigitalWay)

Pilihan lain, kamu bisa menjadikan port USB yang ada di laptop sebagai alternatif untuk mematikan fitur cas cepat. Caranya gampang, cukup sambungkan kabel data ke laptop dan ke gawai kamu. (*)

Baca Juga: 4 Bahan untuk Bersihkan Layar Ponsel

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH