Tips Sederhana Agar Wajah Tak Cepat Tua Ada trik yang membuat kamu bisa membuat awet muda. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

DALAM kehidupan sehari-hari, beberapa orang khususnya yang masih berusia muda sekitar 18-25 tahun mungkin ada yang sering disebut ‘tua’ oleh rekan-rekannya. Melihat hal itu memang terkadang ada kasus penuaan dini yang membuat kamu tampak lebih tua dari teman seumuranmu.

Kendati demikian, jika hal itu menghapiri kamu, tak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips sederhana yang membuat kamu awet muda. Dalam hal ini bukanlah tanpa operasi, tapi hanya dengan langkah-langkah sederhana berikut ini.

(Foto: Pixabay/danatentis)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips sederhana agar wajah tak cepat tua.

1. Cukup Tidur

Daerah mata merupakan area yang cukup rentan mengalami penuaan dini, pasalnya, kulit-kulit sekitar mata lebih tipis dan lembut. Maka dari itu, kamu harus tidur yang cukup kurang lebih 7 jam dalam sehari dan kurangi begadang. Selain itu meski kesibukanmu yang super padat, jangan jadikan alasan untuk sering lembur hingga mengurangi efektifitas tidurmu. Karena jika kamu kerap kali kurang tidur, kantung matamu akan membuatmu terlihat lebih tua.

2. Minum Banyak Air Putih

Jika manusia semakin tua, tentu kulitnya akan semakin kering lantaran tak menghasilkan minyak sebanyak sebelum. Jadi, minumlah air putih yang banyak agar kulitmu terhidrasi, setidaknya 2,5 liter per hari. Hal itu bergina untuk membuat kulitmu tetap terlihat cerah, lembah dan lebih sehat. Selain itu air putih juga memiliki manfaat untuk membuang racun-racun didalam tubuh.

tidur
Kurang tidur bisa menyebabkan kantung mata. (Foto: Pexels/Pixabay)

3. Rajin Bersihkan Wajah, Kulit dan Bersihkan Make Up

Setelah bepergiaan atau menggunakan make up yang tebal, bersihkanlah kulit wajahmu. Dalam hal ini, lakukanlah secara perlahan dan lembut, serta hindari mengusap wajah terlalu keras. Hal itu karena akan membuat kulitmu iritasi, kusam serta mempercepat penuaan.

4. Makan Buah dan Sayur

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi untuk menjaga kesehata kulit dan tubuh kamu. Yang pertama yaitu untuk kulit, kamu bisa mengonsumsi banyak sayur serta buah-buahan segar yang mengandung antioksidan, seperti brokoli dan juga paprika. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi teh hijau.

5. Hindari Konsumsi Alkohol, Rokok dan Narkoba

Kebiasaan buruk mengonsumsi alcohol, rokok dan narkoba dapat membuat penuaan dini. Namun bagi anda yang telah kecanduan, sebaiknya pelan-pelan mulai mengurangi, setelah itu tinggalkan kebiasan negatif tersebut.

olahraga
Berolahraga teratur membuat tubuh lebih sehat. (Foto: Pexels/mentatdgt)

6. Detoks

Untuk mendetoksifikasi tubuh membutuhkan banyak cara. Yang paling sederhana yang kamu bisa lakukan adalah mengonsumsi air lemon yang telah dicampur madu. Kebiasaan itu dipercaya akan membuat kulitmu lebih cerah dan dapat membuang racun dari tubuhmu.

7. Olahraga Teratur

Dengan beolahraga secara teratur akan membantu memperlancar aliran darah yang membantu memberi asupan nutrisi serta oksigen pada sel-sel dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga berguna untuk pembentukan sel-sel kulit baru. Kamu dapat melakukan olahraga yang membuat tubuhmu segar dan bugar seperti halnya lari, renang, senam, dan lain sebagainya. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Cantiknya Para Mantan Anggota Girlband Ini Ketika Berhijab

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala