Berbagi Tugas, Kunci Sukses Mengurus Rumah saat Ditinggal Mudik ART

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 28 Juni 2017
Berbagi Tugas, Kunci Sukses Mengurus Rumah saat Ditinggal Mudik ART
Saatnya berbagi tugas dengan anggota keluarga saat asisten rumah tangga mudik, (Foto: pixabay)

Asisten rumah tangga alias ART pulang kampung? Itu sudah biasa. Dan telah menjadi ritual rutin tahunan. Detik-detik menjelang ditinggal mereka pulang sederet keribetan mengurus rumah pun langsung terbayang.

Tenang, tak usah panik. Ada tips untuk mengatasi kepanikan akibat ditinggal asisten rumah tangga yang sedang mudik.

1. Bagi tugas pada anggota keluarga

Tidak adanya PRT bisa menjadi saat tepat untuk kompak bersama anggota keluarga. Jika biasanya jasa dari PRT dapat Anda nikmati, saatnya Anda menikmati "jasa" Anda sendiri. Saatnya sekarang Anda bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga. Beri tugas masing-masing, misalnya suami/istri Anda mengepel dan menyapu, Anda mencuci baju, dan anak Anda mencuci piring.

2. Batasi penggunaan pakaian bersih

Tugas rumah tangga yag paling berat adalah mencuci. Bagaimana tidak, pekerjaan yang satu ini tidak memakan waktu yang sedikit. Irit penggunaan baju bersih Anda. Bukan berarti Anda tidak mengganti baju selama beberapa hari. Hanya saja ganti baju jika benar-benar sudah sangat kotor.

3. Masak makanan praktis

PRT Anda pasti juga menjadi koki di rumah Anda. Akan sangat berbeda saat PRT Anda mudik. Agar Anda tidak terlalu lelah, masak saja makanan yang praktis untuk anggota keluarga. Mungkin Anda bisa memasak telur dan makanan siap saji selama PRT mudik. Tenang, tidak selamanya menu makanan Anda seperti ini, PRT Anda pasti akan pulang.

4. Jangan menunda merapikan barang

Anda memang tidak biasa merapikan barang-barang karena ada PRT yang biasa menanganinya. Agar pekerjaan tidak menumpuk, segera merapikan barang-barang. Jika secara kasat mata ada barang yang tidak rapi, segera bereskan.

Jasa PRT sunggu sangat membantu Anda. Terlebih jika Anda bekerja, PRT menjadi "penolong" Anda. Tetap semangat dan tetap kompak dengan anggota keluarga saat tidak ada PRT. Selamat bekerja!

Baca juga artikel 7 Tips Mudik Dengan Sepeda Motor

#Mudik #Asisten Rumah Tangga #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan