Traveling untuk Pertama Kalinya? Ini Tipsnya

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 29 Oktober 2018
Traveling untuk Pertama Kalinya? Ini Tipsnya
Ada beberapa tips untuk traveler pemula (Foto: pixabay/splitshire)

TRAVELING memang sedang menjadi hobi yang populer di kalangan milenial. Mereka rela mengumpulkan uang berbulan-bulan hanya untuk perjalanan beberapa hari saja. Biasanya perjalanan traveling dilakukan bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Nah bagi yang tak memiliki teman untuk menemanimu liburan, mungkin kamu bisa berangkat sendiri. Mungkin pada awalnya kamu akan merasa takut, namun setelah dijalani dijamin ada sensasi tersendiri saat kamu melakukan perjalanan tanpa ditemani siapapun.

Seorang traveler blogger ternama Nomadic Matt memberikan sedikit pengalamannya saat melakukan traveling untuk pertama kalinya.

1. Jangan terlalu mengandalkan guidebook

Jangan terlalu mengandalkan guidebook (Sumber: nomadicmatt.com)
Jangan terlalu mengandalkan guidebook (Sumber: nomadicmatt.com)

Guidebook alias buku panduan memang sangat berguna untuk gambaran umum tentang tujuan kita. Tapi di dalamnya kamu tak akan bisa menemukan destinasi wisata, restoran atau hotel terbaru. Nah, cara terbaik adalah bertanya pada penduduk setempat. Setidaknya pada wisatawan lain atau staf hotel.

Bertanya ke orang adalah sumber informasi terbaik. Kecuali buku panduan yang kamu miliki sudah di update. Di Indonesia sendiri buku panduan perjalanan sangat jarang jadi saran Nomadic Matt bisa kamu pakai.

2. Berwisata santai

Kamu bisa bersantai di satu titik untuk menikmati liburan (Foto: pixabay/engin_akyurt)
Kamu bisa bersantai di satu titik untuk menikmati liburan (Foto: pixabay/engin_akyurt)

Banyaknya tempat yang ingin dikunjungi terkadang membuat seorang traveler terburu-buru saat melakukan perjalanan. Traveler berusaha menghampiri semua tempat dalam satu waktu. Padahal, hal seperti itu malah akan membuat stess dan tak nyaman.

Nomadic Matt menyarankan untuk tidak terburu-buru dengan perjalanan wisata. Luangkan waktu untuk bersantai di sebuah pantai, taman atau hanya duduk di kafe. Dengan begitu kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang budaya di sekitar tempat wisata.

3. Banyak berkenalan

Kamu bisa berkenalan agar mendapatkan teman baru (Pixabay/rawpixel)
Kamu bisa berkenalan agar mendapatkan teman baru (Pixabay/rawpixel)

Biasanya saat kamu melakukan perjalanan bersama teman-teman kamu akan sibuk dengan duniamu sendiri. Padahal kamu bisa mendapatkan teman baru saat perjalanan.

Kamu bisa berkenalan dengan banyak orang. Tapi ingat jangan hanya menanyakan nama saja, kamu bisa membagi informasi lainnya seperti nomor telepon atau media sosial. Dengan begitu teman baru kamu tak akan memudar dalam ingatan.

4. Jangan jadi orang pemalu

Kamu bisa berkenalan dengan siapapun (Foto: Pexels/mentatdgt)
Kamu bisa berkenalan dengan siapapun (Foto: Pexels/mentatdgt)

Pergi sendiri mengharuskan seseorang berani dan supel. Dengan begitu perjalanan kamu dijamin akan lebih menyenangkan. Di sekeliling kamu ada pelancong solo lain yang mencari teman. Mereka juga ingin bertemu orang baru dan mendapatkan teman.

Kamu tidak akan rugi berkenalan dan mendapatkan teman baru. Apalagi jika kamu jomlo, mungkin saja perkenalan itu nanti akan berakhir ke pernikahan.

#Travel #Tips Traveling #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan