1 Tahun COVID-19

Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 25 Maret 2021
Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias
Dirawat secara konsisten. (Foto: Unsplash/Ty Williams)

KALAU kita bisa melihat sisi positif dari pandemi COVID-19, sebenarnya ada beberapa kebiasaan baru untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, salah satunya memelihara ikan. Tempat memeliharanya pun terbagi beberapa jenis, tapi yang paling sering digunakan adalah wadah kaca kecil, akuarium, dan kolam untuk ikan berukuran besar.

Buat kamu yang bingung bagaimana cara merawat kolam agar tetap bersih, yuk simak tipsnya mengutip ANTARA.

Baca juga:

Ikan Koi, Perlu Ruang Khusus

1. Pengecekan berkala

Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias
Lakukan pengecekan berkala. (Foto: Unsplash/Sigmund)

Hal pertama yang harus dilakukan secara konsisten adalah pengecekan berkala untuk mengetahui keadaan ikan dan kondisi kolam. Jika volume air kolam ikan semakin berkurang, sebaiknya pindahkan ikan ke tempat yang aman dan periksa adakah titik kebocoran atau tidak.

Jika dalam kuurn waktu beberapa hari dan air masih tersisa di kolam, dapat diindikasikan bahwa kebocoran terletak pada dinding kolam. Namun bila air kola, terkuras habis, dapat diindikasikan kebocoran ada di dasar kolam.

2. Gunakan pelapis

Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias
Gunakan cat pelapis anti bocor. (Foto: Unsplash/Liam Nguyen)


Setelah mengetahui kebocoran, kamu bisa menggunakan cat pelapis anti bocor. Caranya, bersihkan kolam kemudian berikan lapisan primer Super Cement dan semen yang dicampur dengan perbandingan volume 1:1,25.

Selanjutnya, oleaskan campuran primer Super Cement dan semen menggunakan kuas atau rol. Fungsi lapisan itu adalah untuk mengikat sisa kotoran yang tertinggal, meningkatkan daya lekat, dan menutup retak halus.

Baca juga:

Yuk Bersantai di Taman Kolam Terapi Linggarjati

3. Jaga kebersihan kolam

Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias
Rutin mengganti air kolam. (Foto: Unsplash/Eliicia)


Setelah masalah kebocoran kolam teratasi, kamu perlu melakukan perawatan berkala. Misalnya rutin mengganti air kolam, membersihkan sampah-sampah yang masuk terutama untuk kolam outdoor, mengecek pompa air dan filter, serta buat sirkulasi udara dengan air mancur atau air mengalir.

Memiliki ikan di akuarium atau kolam kecil memang bermanfaat. Selain untuk menghias rumah, kamu juga bisa meredakan stres dari menonton tingkah lakunya berenang kesana kemari.

Merawat ikan dalam akuarium bisa dikatakan gampang-gampang susah apalagi jika kamu membeli ikan tersebut impor dari negara yang suhunya jauh berbeda dengan tempat tinggalmu. Kamu perlu menyiapkan ukuran tempat tinggalnya, hiasan bermain ikan, pakan, serta vitamin yang rutin diteteskan ke dalam akuarium atau kolam ikan. (and)

Baca juga:

Cara Pelihara Ikan Hias Air Laut Tapi Tinggal di Puncak Bogor

#Ikan Hias #Akuarium
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan