Jurus Menyiapkan Menu Sehat untuk Lebaran Ilustrasi Makanan (Foto: Pixabay/Sylviatansh)

SAAT Idul Fitri atau Lebaran, tentu setiap orang akan memasak hidangan spesial untuk disantap bersama-sama dengan keluarga besar. Menu-menu yang biasa dihidangkan di lebaran biasanya terdiri dari gulai daging, opor ayam, ketupat, telur balado, dan sambal goreng ati.

Menu-menu tersebut memang terlihat nikmat. Apalagi saat dihidangkan di Hari Lebaran. Seakan membayar sebulan tanpa sarapan pagi dan makan siang ketika berpuasa. Tapi tahukah kamu, jika makanan pedas bersantan merupakan sumber kolesterol? Begitu juga dengan kue-kue serta sirup yang akan menambah kadar gula kamu.

Beberapa makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan asam urat, diabetes, serta kolesterol tinggi lo, guys. Namun kamu tak perlu khawatir, karena ada solusi agar terhindar dari ketiga penyakit tersebut.

Seperti dilansir dari Go Dok, berikut penyajian menu sehat untuk hari raya yang patut untuk dicoba.

1. Gula Rendah Kalori

Gunakan gula rendah kalori. (Foto: Pixabay/955169)

Mendapatkan menu sehat pertama untuk Lebaran adalah mengganti gula pasir biasa dengan yang rendah kalori. Dari sisi harga, gula rendah kalori cenderung lebih mahal dari gula biasa. Namun, untuk sekali dalam setahun, di Idul Fitri, sepertinya tak terlalu memberatkan kamu dalam sisi biaya. Di samping itu, banyak manfaat jika kamu mengganti gula dengan rendah kalori, karena dapat terhindar dari kadar gula dan kolesterol berlebih yang biasanya menghantui setelah hari raya.


2. Hindari Menggoreng Makanan

Hindari makanan yang digoreng. (Foto: Pixabay/Ivabalk)

Untuk membuat menu sehat hari raya, sebisa mungkin kamu hindari membuat sajian lebaran dengan cara menggorengnya. Karena, semua gorengan di hidangan lebaran akan sarat dengan minyak yang akan memicu meningkatnya kadar kolesterol anda. Sebagai gantinya, kamu dapat mencoba mengolahnya dengan merebus, menumis, membakar, atau memanggangnya. Keempat cara tersebut cukup efektif untuk mengurangi kadar minyak dalam makanan.

3. Ganti Santan dengan Susu Tanpa Lemak

Ganti santan dengan susu. (Foto: Pixabay/Risaredfem)

Cara ketiga untuk menu sehat hari raya adalah menggunakan susu tanpa lemak sebagai pengganti santan. Tapi, kita tak dapat memungkiri jika selama ini santan merupakan menu khas Lebaran paling populer. Namun mengonsumsi santan selama 2 hari berturut-turut hanya akan meningkatkan kadar kolesterol kamu. Untuk itu, demi menjaga kesehatanmu, sebaiknya mencoba menggunakan susu rendah lemak, tapi kamu tak perlu khawatir soal rasa, karena tak jauh berbeda dengan menggunakan santan.

4. Hindari Penggunaan MSG dan Garam

Hindari garan. (Foto: Pixabay/Andreas16078)

Makanan yang menggunakan garam merupakan pantangan nomor satu bagi para penderita asam urat, dan bagi anda yang tak menderita asam urat juga tak dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kadar garam berlebih. Jadi hindarilah penggunaan garam dan penyedap rasa yang terlalu banyak pada setiap sajian Hari Raya. Jika alasan penggunaan garam dan msg untuk menambah citarasa masakan, kamu tentu bisa beralih pada rempah-rempah tradisional seperti halnya bawang merah, merica, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas dan juga kayu manis.

5. Singkirkan Lemak dan Gajih

(Foto: pixabay/meditations)

Lemak hewan seperti halnya, bebek, ayam, kambing maupun sapi memang kerap menjadi godaan tersendiri ketika turut dimasak bersama daging. Mungkin tak sedikit darimu yang sangat menyukainya, hingga tak sadar jika gajih merupakan sumber lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Untuk itu sebaiknya singkirkan lemak terlebih dahulu sebelum memasak daging yah guys.

6. Jangan Lupa Buah-Buahan dan Sayur segar

Jangan lupakan buah dan sayur. (Foto: Pixabay/RitaE)

Yang terakhir, menu sehat untuk hari raya adalah menyisipkan buah-buahan dan sayuran segar ditengah hidangan lebaran. Karena buah dan sayuran segar berguna untuk mengimbangi lemak yang masuk ke dalam tubuh kamu. Jadi hidangkanlah sayur dan buah sebagai makanan pendamping atau penutup. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Usir Kantuk Saat Berkendara Mudik

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH