Tips Pasang Lampu Variasi Mobil, Biar Aman dari Korsleting

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Rabu, 30 Maret 2022
Tips Pasang Lampu Variasi Mobil, Biar Aman dari Korsleting
Ilustrasi lampu variasi mobil. Foto: Possessed Photography/Unsplash

MerahPutih.com - Belakangan ini, sering terjadi kebakaran mobil yang diakibatkan korsleting kabel. Masalah tersebut bukan berasal dari kabel bawaan mobil, tetapi kabel modifikasi untuk menambahkan aksesori seperti lampu.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Rico selaku punggawa Shine Auto yang berada di MGK Kemayoran, ia menjelaskan sedikit apa penyebab paling utama terjadinya korsleting saat pemasangan lampu variasi.

Baca juga:

Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya

Lampu variasi dapat menyebabkan korsleting
Lampu variasi dapat menyebabkan korsleting. Foto: Istimewa/KabarOto.com

“Biasanya korsleting itu terjadi karena instalasinya asal-asalan, sembarang potong dan sambung kabel. Lalu pemasangan juga tidak menggunakan sekring,” jelasnya seperti dilansir KabarOto.com.

“Amannya kita harus menyesuaikan asli mobilnya, dan menggunakan sekring. Sehingga apabila terjadi korsleting, maka yang putus itu sekringnya,” lanjutnya.

Setiap aksesori variasi yang berhubungan dengan listrik baiknya menggunakan sekring. “Sekring itu pengaman paling utama, jadi ketika mengalami hubungan pendek arusnya terputus dari sekring. Sehingga tidak akan merembet dan menghasilkan api,” ujar Rico.

Tapi memang kejadian korsleting hingga mobil terbakar selalu berkaitan dengan pemasangan aksesori. “Kadang kita juga suka menemukan korsleting itu bukan dari aksesori, tapi misalnya kabel terkelupas akibat digigit tikus. Nah dari kabel terkelupas itu, terjadi kontak hingga menimbulkan api,” jelasnya.

Baca juga:

Pentingnya Tune Up Mobil Setiap 10 Ribu Kilometer

#Otomotif #Mobil #Tips
Bagikan
Bagikan