Tips Nirina Zubir Menjelaskan Menstruasi ke Anak Perempuan Nirina usai berkeliling Museum Layang-Layang (Merahputih.com / Arie Prijono)

Menstruasi adalah siklus yang pasti dihadapi oleh seorang perempuan. Namun bagi yang baru menghadapinya pertama kali, rasa takut dan bingung sering kali menghantui. Padalah rasa takut itu bisa dicegah jika ada penjelasan dari orang tua.

Penjelasan tersebut memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Seperti rilis yang diterima Merahputih.com, Nirina Zubir yang memerankan Emak di film Keluarga Cemara akan membagi tips bagaimana menjelaskan menstruasi kepada anak.

1. Sesuaikan dengan umur

Pilih bahasa sesuai umur (Foto: Pixabay/1103997)
Pilih bahasa sesuai umur (Foto: Pixabay/1103997)

Jika ingin menjelaskan menstruasi, maka bahasa yang kamu gunakan harus disesuaikan untuk sang buah hati. Kamu mungkin bisa membatasi jawaban jika anak masih berusia dibawah 8 tahun. Namun seiring bertambahnya usia kamu bisa menjelaskannya lebih spesifik dan detail.

2. Pilih waktu yang pas

Pilih waktu yang pas (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Pilih waktu yang pas (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Memberikan pendidikan tentang tubuh manusia, organ reproduksi sebenarnya tak perlu dibahas dalam satu waktu. Justri lebih baik jika memberikan informasi tersebut secara perlahan. Dengan demikian buah hati akan benar-benar mengerti.

3. Pemilihan kalimat

Pilih kalimat yang tepat (Foto: Pixabay/geralt)
Pilih kalimat yang tepat (Foto: Pixabay/geralt)

Meskipun umur snag anak belum bisa menerima penjelasan yang terlalu rumit, jangan sekali-kali membohonginya, apalagi memberikan informasi yang salah. Pergunakan juga nada positif agar tidak menyudutkannya.

4. Lihat respon anak

Lihat respon anak (Foto: Pixabay/1041483)
Lihat respon anak (Foto: Pixabay/1041483)

Sambil memberikan penjelasan, coba amati respon anak. Perhatikan apakah dia memahami apa yang kamu jelaskan. Beri pula kesempatan sang buah hati untuk bertanya. Kemudian jawab pertanyaan satu per satu dengan sabar.

5. Lengkapi pengetahuan soal kerja reproduksi

lengkapi pengetahuan (Foto: Pixabay/DariuszSankowski)
lengkapi pengetahuan (Foto: Pixabay/DariuszSankowski)

Bagaimana bisa menjawab dengan benar jika orang tuanya saja tidak tau. Oleh karena itu kamu harus membekali diri dengan pengetahuan. Jika sang anak bertanya namun kamu tidak tahu, maka jawab saja tidak tahu. Setelah itu kamu bisa mencari tahu jawaban itu di berbagai sumber.

Nah, Sahabat Merahputih, itulah beberapa tips yang dibagikan Nirina Zubib. Tips tersebut juga bisa diterapkan kepada anak laki-laki. Dengan begitu ia bisa memahami apa yang dialami teman, saudara perempuan dan ibunya tiap bulan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani