Tips Nikmati Mekar Sakura Untung Jawa, Datang Pas Juli Sampai Agustus Keindahan bunga Sakura saat mekar. Foto: Net

MerahPutih.com - Wisata bunga Sakura cukup terkenal di telinga para pelancong, khususnya di negerinya sendiri Tokyo, Jepang. Tapi, masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Jepang hanya untuk menikmati bunga sakura, sekarang Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu memiliki keindahan wisata bunga sakura.

Untuk jarak berkunjung ke Pulau Untung Jawa hanya menempuh 15 menit perjalanan dari pelabuhan Tanjung Pasir Tangerang dengan mengeluarkan biaya Rp 25 ribu. Sementara jika pengunjung berangkat dari pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara biayanya Rp 65 ribu untuk sekali jalan dengan waktu tempuh 30 menit.

Kapala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan wisata bunga yang berada di lahan seluas 2.000 meter persegi dengan jumlah sekitar 50 pohon menjadi daya tarik bagi pengunjung saat berlibur di Pulau Untung Jawa. Namun, lanjut Cucu, mekarnya bunga sakura ini hanya bulan-bulan tertentu saja, saat bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Untung jawa
Peta Pulau Untung Jawa di kawasan Kepulauan Seribu. Foto: Ist

Pengunjung pun tak perlu khawatir saat liburan ke Untung Jawa karena sekarang pulau ini terdapat puluhan homestay dengan fasilitas standar, yaitu TV, AC, dan tempat tidur ukuran besar dengan harga yang terjangkau. Selain kamar, pelancong juga bisa menyewa rumah dengan 2-3 kamar. Bahkan pengunjung juga bisa berkemping ria di pulau Untung Jawa.

"Kita juga bisa nikmati itu ada hutan mangrove kita jalan di tengah mangrove, kuliner dia juga cukup enak yah," kata Cucu saat dihubungi MerahPutih.com, Sabtu (5/5/).

Senada dengan itu, Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah berkeyakinan wisatawan pernah berlibur ke Pulau Untung Jawa pasti memiliki kerinduan untuk datang kembali. Sebab, pelancong pasti belum puas untuk mengeksplor keindahan wisata di sana jika hanya menghabiskan waktu sehari hingga dua hari.

Pulau Untung Jawa memang memiliki sejumlah objek wisata unggulan. Terutama wisata bunga sakura yang mekarnya selalu indah untuk diabadikan dan hutan mangrove. "Pohon pengantin juga sebagai tujuan pengunjung yang liburan ke sana," ungkap Irmansyah.

sakura
Keindahan bunga sakura. Foto: Ist

Sementara itu, Nurul (25) salah satu pengunjung Pulau Untung Jawa menceritakan, dirinya senang saat beberapa lalu belibur dan bisa melihat indahnya bunga sakura saat mekar. Dia pun langsung mengabadikan momen itu dengan jepretan sebuah smartphone bersama sahabat-sahabatnya. "Indah banget bunganya, enggak perlu lah kita ke Jepang di Untung Jawa ada," kata dia. (Asp)

Kredit : asropih


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH