Tips Mudik Aman Bagi Ibu Hamil

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 23 April 2023
Tips Mudik Aman Bagi Ibu Hamil
Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan ibu hamil sebelum mudik. (Foto: Unsplash/Camylla Battani)

BANYAK orang memutuskan mudik saat libur Lebaran kali ini, termasuk Bumil dan Busui. Supaya perjalanan ke kampung halaman tidak repot dan menyenangkan, Bumil dan Busui bisa menerapkan beragam tips berikut ini.

Bagi kamu yang sedang hamil, penting untuk memastikan bahwa kamu tidak sedang sakit dan sudah mendapatkan izin dari dokter sebelum mudik. Mengutip laman Alodokter, berikut empat tips yang perlu diperhatikan.

Baca juga:

Tips Mudik Supaya Si Kecil Tidak Rewel di Perjalanan

Tips Mudik Aman Bagi Ibu Hamil
Bawa camilan sehat untuk mengatasi lapar selama perjalanan. (Foto: Unsplash/Ola Mishchenko)

1. Perhatikan Usia Kandungan

Umumnya, ibu hamil boleh melakukan perjalanan jauh jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau usia kehamilan 4-6 bulan. Sebab, biasanya pada trimester ini sebagian ibu hamil sudah lebih fit, berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak mengalami morning sickness lagi. Perjalanan mudik pun bisa dilalui dengan aman dan nyaman.

2. Pilih Transportasi yang Cepat dan Aman

Selain memperhatikan usia kehamilan, kamu juga dianjurkan untuk memilih transportasi yang aman dan nyaman. Pesawat, kereta, dan mobil adalah transportasi yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Ketiga transportasi tadi cenderung minim risiko, lebih nyaman, dan membuat perjalanan lebih cepat sampai ke kampung halaman.

Jika kamu merasa ragu dengan transportasi yang dipilih, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter supaya perjalanan mudik tidak menimbulkan gangguan kesehatanmu dan janin.

Baca juga:

Tips Mudik Perjalanan Jauh dengan Sepeda Motor

Tips Mudik Aman Bagi Ibu Hamil
Pilih moda transportasi yang aman. (Foto: Unsplash/Leonardo Yip)


3. Bawa Kebutuhan Pribadi

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu juga disarankan untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, vitamin prenatal, minyak aromaterapi, tisu kering dan basah, hand sanitizier, bantal leher, serta kantong plastik untuk wadah muntah. Letakkan semua barang bawaan di dalam tas, ya.

4. Siapkan Camilan Sehat dan Air Minum

Tak bisa dimungkiri, perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama membuat kita merasa lapar. Oleh karena itu, bawalah camilan sehat, seperti roti, buah-buahan, kacang-kacangan, atau telur rebus untuk dimakan di perjalanan.

Selain itu, bawa pula botol air minum di dalam tas, ya. Soalnya, ibu hamil akan mudah haus dan rentan dehidrasi. (and)

Baca juga:

Keselamatan Lalu Lintas Jadi Prioritas Utama Mudik

#Ibu Hamil #Ibu Menyusui #Lebaran #Idul Fitri
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan