Tips Mudah untuk Kamu yang Kesulitan untuk Berhenti Menggigiti Kuku Kebiasaan buruk menggigit kuku bisa dihentikan dengan cara yang tepat (foto simplemost.com)

APAKAH kamu satu dari banyak orang yang punya kebiasaan menggigiti kuku? Mulai sekarang lebih baik jangan lakukan itu lagi ya karena akan memberi dampak buruk buat kamu.

Kebiasaan ini bisa membuat kamu jatuh sakit, kemudian kukumu akan tumbuh dengan bentuk yang tidak wajar, dan menggigit kuku bisa menimbulkan masalah pada rahang lo. Wah, kalau begitu bagaimana ya caranya supaya bisa berhenti melakukan kebiasaan ini?

1. Kenali apa pemicunya

Tips Mudah untuk Kamu yang Kesulitan untuk Berhenti Menggigiti Kuku
Renungkan keadaan apa yang membuatmu mulai menggigiti kuku (foto: dfw.radio.com)


Jika kamu beneran ingin berhenti melakukan kebiasaan buruk ini, pertama kamu harus tahu terlebih dulu apa yang membuat kamu melakukannya.

Coba perhatikan bagaimana perasaanmu saat kamu mengggigit kuku atau kondisi apa yang membuat kamu mulai menggigiti kuku.

Nah jika kamu mulai merasakan perasaan tersebut, langsung coba cari aktivitas lain untuk mengalihkan pikiran kamu. Lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk tidak gigit-gigit kuku.

2. Gunakan kuteks yang rasanya tidak enak

Tips Mudah untuk Kamu yang Kesulitan untuk Berhenti Menggigiti Kuku
Gunakan kutek yang rasanya tidak enak (foto: pixabay-jill111)


Kamu juga bisa mengurangi kebiasaan ini dengan melapisi kukumu dengan kuteks. Tapi ingat, carilah kuteks yang memiliki rasa atau aroma yang tidak enak. Sehingga kalau ada keinginan untuk menggigitnya, kamu akan berpikir dua kali sebelum melakukannya.

3. Coba manicure

Tips Mudah untuk Kamu yang Kesulitan untuk Berhenti Menggigiti Kuku
Manicure membuat kamu sayang untuk menggigiti kuku (foto: pixabay-StockSnap)


Manicure adalah salah satu perawatan untuk kuku tangan kamu agar terlibat lebih bersih dan indah. Nah kalau kamu manicure pastinya kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Ditambah dengan waktu yang kamu keluarkan untuk melakukan perawatan ini.

Jadi seharusnya kamu punya alasan yang lebih kuat untuk tidak menggigit kukumu dan membuatnya jadi rusak. Kan sayang sudah bagus-bagus malah digigiti.

4. Potong kuku

Tips Mudah untuk Kamu yang Kesulitan untuk Berhenti Menggigiti Kuku
Selalu potong kukumu pendek (foto: shefinds.com)


Kalau kamu memang memiliki kebiasaan ini, cara terbaik adalah selalu memotong kukumu pendek. Kemudian sering-seringlah menggunting kuku. Sehingga kamu tidak bisa menggigiti kukumu lagi.

Cara ini sangat ampuh asalkan kamu mau rajin untuk menggunting kuku setiap kali kukumu terlihat bertambah panjang. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH