Tips Mudah Mengatasi Efek Jet Lag Traveling dengan pesawat bisa membuat jet lag. (Foto: Pixabay/Yeraysg)

USAI melakukan perjalanan panjang, banyak orang yang mengalami jet lag. Jet lag menyebabkan kamu merasa lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup lama dengan menggunakan pesawat terbang. Kamu juga cenderung akan merasa selalu mengantuk dan letih berlebihan daripada biasanya.

Seperti dilansir Journal Health Harvard, orang-orang yang melintasi beberapa zona waktu biasanya menemukan bahwa cahaya ambiet serta isyarat lingkungan lainnya dapat membuat jam internal atau jam biasa mereka menjadi rusak.

Jet lag membuat orang merasa lelah berkelanjutan. (Foto: Pixabay/Aprilkim)

Mereka pun akhirnya sulit untuk tidur. Kalau pun tidur, mereka cenderung gelisah. Gejala umum jet lag lainnya adalah emosi cepat naik, mual, sulit konsentrasi, sakit kepala serta sakit perut.

Untuk menyesuaikan dengan zona waktu di destinasi, orang umumnya membutuhkan satu hari. Seiring dengan bertambahnya usia, jet lag bisa terjadi lebih lama.

Memang, tak ada cara yang pasti untuk menghindari jet lag. Akan tetapi, kamu dapat mengurangi efek dan jangka waktunya. Jurus yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan waktu makan dan tidur secara bertahap ke dekat jadwal tujuanmu. Ambil contoh ketika kamu bepergian ke pantai timur Eropa. Tidur lah setengah jam lebih awal ketimbang biasanya selama beberapa waktu.

Jadi, jika kamu bepergian ke zona waktu arah barat, tinggal lah setengah jam. Kemudian beberapa malam secara berturut-turut.

Tetap terhidrasi dapat menekan efek jet lag. (Foto: Pixabay/Free-photos)

Setelah itu kamu juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi ringan akan kerap terjadi saat kamu bepergian dengan transportasi udara. Saat kamu terkena jetlag, dehidrasi akan memperburuk kondisi tubuh. Kamu sebaiknya minum banyak cairan sebelum, selama dan sesudah penerbangan.

Perlu dicatat, hindarilah kafein dan alkohol. Meski keduanya dapat membuatmu tetap terjaga, efeknya kurang baik untuk kesehatan.

Terakhir, jika kamu akan tinggal lebih dari satu atau dua hari di tempat yang baru, sesuaikanlah jadwal tidur dan makan dengan zona waktu yang baru. Hal itu mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi cobalah untuk tetap terjaga hingga waktu tidur lokal. Di sini kamu harus menyesuaikan waktu untuk bangun di pagi hari dengan waktu setempat, serta keluar rumah untuk menikmati matahari pagi. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Cantiknya Para Mantan Anggota Girlband Ini Ketika Berhijab.

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH