Tips Mudah dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Kenali cara cepat menurunkan kolesterol tinggi (Foto: skelian.co.uk)

SAAT momen Hari Raya Idul Adha, biasanya tersaji banyak olahan makanan daging kambing maupun sapi yang mengandung kolesterol tinggi. Bila dikonsumsi dengan takaran yang pas mungkin tidak akan berpengaruh bagi kesehatan, tapi lain halnya bila kamu kalap melihat hidangan lezat dan mengonsumsinya secara berlebihan.

Bila sudah demikian, kamu jangan lantas panik, karena ada beberapa cara cepat untuk menurunkan kolesterol seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Baca Juga:

5 Obat Herbal Atasi Kolesterol Tinggi

Cara pertama yakni batasi asupan lemak. Dalam hal ini lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi makanan yang tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol darah.

Karena itu, untuk menurunkan kolesterol, kamu harus membatasi asupan makanan yang tinggi kandungan lemak lainnya yakni mentega, sosis, pizza, dan makanan manis seperti aneka bolu, kue, biskuit dan cokelat.

Cara kedua yakni mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Sebaiknya kamu mengonsumsi biji-bijian utuh, makanan yang diolah menggunakan minyak zaitun, kacang-kacangan, beragam jenis ikan (tuna, salmon, dan ikan tenggiri) serta buah-buahan. Jenis makanan itu dipercaya bisa menurunkan kolesterolmu.

Buah-buahan bisa membantu menurunkan kolesterol (Foto: pixabay/silviarita)

Cara ketiga yaitu berhenti merokok. Karena merokok mampu menurunkan kadar kolesterol baik dalam darah kamu, dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, merokok pun dapat membuat masalah pada dinding pembuluh darah. Bila kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, disarankan untuk berhenti merokok.

Keempat yaitu berolahraga, karena olahraga dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Olaharga juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta bisa menurunkan berat badanmu.

Setidaknya berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Kamu bisa melakukan jalan cepat, bersepeda, menari, berkebun, berenang, jogging serta senam aerobik. Hal itu merupakan salah satu cara cepat untuk menurunkan kolesterol yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga:

Ini nih Kaitan antara Kolesterol Tinggi dan Daging Kambing

Berolahraga merupakan salah satu cara cepat menurunkan kolesterol (Foto: pixabay/skitterphoto)

Cara kelima yaitu dengan mengonsumsi suplemen, khususnya yang mengandung minyak ikan dan serat larut. Karena mampu memperbaiki kadar kolesterol kamu dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun suplementasi hanyalah sebagai tambahan. Berolahraga dan menerapkan pola makan sehat tetap lebih efekti dan aman dalam menurunkan kolesterol.

Sedikit informasi, kolesterol memiliki unfgis penting dalam tubuh, tapi bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan penyakit jantung saat tidak terkontrol jumlahnya. Bila kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, maka menjalani gaya hidup sehat merupakan pengobatan yang utama.

Selain penting mengetahui dan memahami cara cepat menurunkan kolesterol, kamu tetap disarankan untuk berkonsultasi pada dokter, untuk memeriksa kadar kolesterolmu secara berkala. (Ryn)

Baca Juga:

Teh Tawar, Minuman Pengusir Kolesterol di Hari Lebaran

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH