Tips Moncer Jinakkan Hamster Jangan buru-buru bermain dengannya bila kamu baru saja membawanya pulang dari tokoh hewan. (Unsplash/Henri Lai)

MEMBAWA pulang hamster baru adalah momen yang menyenangkan. Hamster adalah hewan lucu dengan tingkah menggemaskan. Dia biasa berlari di roda putar, menyembunyikan makanan di pipi hingga mengembung, atau mencoba memanjat kandang lalu menjatuhkan dirinya secara sengaja. Ini semua pasti membuat kamu tak sabaran ingin segera menyentuhnya.

Namun, jangan buru-buru bermain dengannya bila kamu baru saja membawanya pulang dari tokoh hewan. Penting untuk membiarkan hamstermu beradaptasi dengan lingkungan baru. "Sebab lingkungan baru bisa membuatnya stres atau bahkan menakutkan baginya," tulis petsathome.com.

Bagaimanapun, hamster punya sejarah panjang hidup di alam bebas. Mereka dijinakkan baru pada 1930-an. "Berterima kasihlah kepada ahli zoologi Israel Aharoni. Selama ekspedisi tahun 1930 untuk mencari hamster emas ini, ia dan Sheikh El-Beled setempat menemukan seekor hamster emas dan 11 anaknya yang masih hidup 8 kaki (2,4 meter) di bawah ladang gandum," tulis kids.nationalgeographic.com

Karena sejarah panjang itu, kamu bisa digigit olehnya kalau langsung menyentuhnya. Memang sih, gigitan hamster tak begitu sakit. Tapi tetap saja gigitannya bisa berarti tanda ketidakterimaan mereka terhadap dirimu.

Hamster perlu waktu untuk terbiasa dengan semua pemandangan, suara, dan aroma baru. Yang lebih terpenting, dia juga perlu waktu terbiasa denganmu. Nah, untuk membantu kamu menjinakkan hamster, kami telah mengumpulkan beberapa tips moncer di bawah ini.

Baca juga:

Hamster Peliharaan Manakah Yang Paling Jinak?

tips jinakkan hamster
Menempatkan kandangnya di tempat yang tenang bisa menjadi ide yang bagus. (Unsplash/Melissa Keizer)

Beri Ruang yang Tenang

Pindah ke rumah baru, akan membuat mereka stres. Jadi ada baiknya kamu meminimalkan stres sedari mula dia pindah. Tidak perlu terburu-buru dalam menjinakkannya. Ada baiknya kamu memberi hamster beberapa hari untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Menempatkan kandangnya di tempat yang tenang bisa menjadi ide yang bagus.

Ajak Ngobrol

Setelah beberapa hari yang tenang, kamu dapat mencoba mendekati hamster. Berbicaralah dengannya beberapa jenak agar dia terbiasa dengan suaramu. Hamster jelas tidak akan memahami ucapanmu, tapi mereka akan mengingat suaramu dalam memorinya. Dengan begitu, dia akan mengenali siapa yang sedang dekat dengannya melalui suara.

Mulai Berikan Tanganmu

Setelah kamu merasa hamster terbiasa dengan suaramu, inilah saatnya untuk memperkenalkan dirimu. Taruh tanganmu di dalam kandang atau melalui jerujinya dan tawarkan mereka cemilan. Caranya dengan menempatkan cemilan di telapak tangan. Suguhan kecil ini akan bekerja dengan baik. Tapi ingat, jangan mencoba menyentuh atau memegang hamstermu. Biarkan mereka mendatangimu dan terbiasa dengan aromamu. Biarkan mereka menjelajahi tanganmu. Eits, jangan kaget kalau hamster memanjat pergelangan tanganmu.

Baca juga:

Suka Memelihara Hamster? Ini 6 Cara Merawat si Lucu dengan Baik

Tips jinakkan hamster
Setelah hamster terbiasa dengan tanganmu di dalam kandang, coba letakkan camilan di telapak tangan. (Unsplash/Finney)

Pegang Hamster

Setelah hamster terbiasa dengan tanganmu di dalam kandang, coba letakkan camilan di telapak tangan. Jika hamster memanjat sepenuhnya ke tanganmu, cobalah untuk mengambilnya dengan lembut. Pada awalnya, hamster Anda mungkin terkejut dengan ini dan melompat. Ulangi prosesnya pelan-pelan.

Keluarkan Hamster Sesekali

Jika proses memegang hamster berhasil, kamu berarti sudah menjinakkannya. Untuk tetap membuat ikatan dengan mereka, keluarkan hamster dari kandang beberapa jenak. Tetap awasi hamstermu jika kamu punya peliharaan lain di rumah. Ingatlah untuk mengembalikannya dengan perlahan ke kandang. Berilah dia hadiah makanan.

Begitulah tips moncer menjinakkan hamster. Seringkali waktu untuk menjinakkan hamster berbeda antara satu pemilik dengan pemilik lainnya. Semua bergantung pada karakter hewan peliharaanmu dan ketekunanmu. Beberapa hamster cepat jinak. Sebagian lainnya butuh waktu lebih lama untuk jinak. Kesabaran, rutinitas, dan kelembutan akan menjadi kunci suksesmu menjinakkannya. Selamat mencoba, ya! (dru)

Baca juga:

Mengapa Hamster Sering Berlari di Roda Putar?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tanayu Membuka 2022 dengan Single 'Unwrap Your Skin'
ShowBiz
Tanayu Membuka 2022 dengan Single 'Unwrap Your Skin'

Single terbaru Tanayu dirilis tepat dua hari jelang ulang tahunnya.

Animal Crossing: New Horizons akan Berhenti Berfungsi di 2061
Fun
Animal Crossing: New Horizons akan Berhenti Berfungsi di 2061

Gim tersebut beroperasi dengan waktu riil layaknya dunia nyata.

Cassandra Kisahkan Cinta yang Salah Lewat 'Selangkah Menjauh'
ShowBiz
Cassandra Kisahkan Cinta yang Salah Lewat 'Selangkah Menjauh'

Grup Band Cassandra yang dikenal dengan hit 'Cinta Terbaik', baru saja merilis sebuah single terbaru mereka yang bertajuk 'Selangkah Menjauh'

Penelitian Ungkap Waktu Terbaik untuk Makan
Fun
Penelitian Ungkap Waktu Terbaik untuk Makan

Temuan penelitian untuk waktu terbaik untuk makan.

Butuh Riset dan Penelitian untuk Wujudkan Indonesia Sehat
Fun
Butuh Riset dan Penelitian untuk Wujudkan Indonesia Sehat

Kolaborasi dengan sejumlah pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan Indonesia sehat.

Kembali ke Victoria's Secret, Bella Hadid Ingin Hapus Luka Masa Lalu
ShowBiz
Kembali ke Victoria's Secret, Bella Hadid Ingin Hapus Luka Masa Lalu

Sebelumnya, ia diketahui memiliki masalah dengan brand tersebut.

Formula Baru untuk Kulit Bayi Lembut dan Sehat
Fun
Formula Baru untuk Kulit Bayi Lembut dan Sehat

Kulit bayi butuh perlindungan ekstra untuk tetap lembap dan sehat.

5 Tanda Orang yang Kamu Sukai Hanya Membuang Waktumu
Fun
5 Tanda Orang yang Kamu Sukai Hanya Membuang Waktumu

ternyata ada lima tanda seseorang yang kamu sukai hanya buang-buang waktu denganmu.

Digitalisasi UMKM, Sandiaga Uno Apresiasi On Boarding OK OCE di Bhinneka.com
Fun
Digitalisasi UMKM, Sandiaga Uno Apresiasi On Boarding OK OCE di Bhinneka.com

OK OCE bersama Bhinneka punya misi dorong pengembangan UMKM.

Aprilia Racing Awali Musim MotoGP 2022 dengan Optimis
Fun
Aprilia Racing Awali Musim MotoGP 2022 dengan Optimis

Aprilia Racing memberikan performa terbaik di MotoGP 2022.