Tips Merawat Vespa Modern dan Klasik Salah satu vespa milik anggota Mocaves (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BANYAK orang bilang Vespa, kendaraan rumit. Sebentar-sebentar bisa mogok. Perawatannya juga tidak mudah, tidak seperti sepeda motor biasa. Nah anggapan itu salah. Sebenarnya merawat Vespa sama mudahnya dengan merawat sepeda motor.

Komu, anggota komunitas Vespa, Mocaves membeberkan tips merawat Vespa saat ditemui di kantor merahputih.com, Tangerang Selatan, Sabtu (13/1) Asal ada kemauan dan ketekunan, menurut Komu merawat Vespa adalah hal mudah.

"Vespa itu gampang. Sebenarnya enggak ada susahnya. Sama kayak belajar. Vespa tuh unik tapi asik," tutur Komu.

Vespa dibagi menjadi dua macam, klasik dan matik. Vespa klasik masih menggunakan gigi dan Vespa matik sama halnya seperti motor matik, tidak menggunakan gigi. cukup dengan langsung menarik gas untuk menjalankan Vespa matik.

Komu pun mengatakan yang paling penting ialahs selalu memperhatikan busi pada vespa, jangan sampai kotor. Terutama bagi Vespa klasik. Terlebih Vespa klasik memiliki oli samping, selalu mengisi oli samping saat sudah kurang dari batasan.

"Pake klasik cek busi-businya, pengapian. Apalagi oli samping," ujarnya.

Jika vespa modern tentu perawatannya lebih mudah. Yang terpenting adalah selalu rutin membawanya ke bengkel untuk melakukan perawatan. Juga rutin mengganti oli jika jarak tempuh sudah mencapai batas.

Sebaiknya kata komu selalu rutin mengganti oli setiap menempuh jarak 3000 km. namun jika jarang digunakan setiap sebulan sekali rutinlah mengecek oli. Sekiranya setiap 3 bulan sekali ganti oli meskipun jarak tempuh belum melampaui batas jika Vespa jarang dipakai.

"Lebih baik ketika range per 3000 km ganti oli. Kalau jarang dipakai sebulan sekali dicek. Setiap pagi panasin," ujarnya lagi.

Jangan lupa juga bagi pecinta vespa klasik perlu juga untuk selalu memperhatikan oli mesin. Sama dengan merawat Vespa modern, perhatikan oli dan setiap pagi panaskan Vespa untuk menstabilkan mesin Vespa.

"(Klasik) Sama, panasin. Cek olinya sama aja," tutupnya.

Nah itulah tips singkar merawat Vespa klasik dan matik. Bagaimana, mudah tidak? (ikh).

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH