Pemutih Merusak Kaos Kaos memerlukan perawatan pula. (Foto: Pixabay/ Free-Photos)

PAKAIAN bagus tak melulu harus baru. Pakaian lama kamu bisa disulap menjadi baru lagi. Tapi itu juga kerena kamu harus tahu cara merawatnya dengan baik.

Laman iStyle menuliskan baju baru pun bisa tampak sudah lusuh kalau tidak bisa merawatnya. Perawatan baju kaos sangat perlu karena pakaian itu biasanya yang lebih sering dipakai.

Baju kaos lebih enak dikenakan daripada baju jenis lain karena lebih santai. Terutama kalau kamu ingin lebih terlihat simpel dan tak ingin cepat gerah. Tapi, baju kaos yang sering dipakai sangat rentan rusak atau belel. Apalagi jenis pakaian ini memang mudah longgar tanpa dirawat dengan baik.

Simak cara merawat kaos polos berikut ini.

1. Pisahkan saat Mencuci

Jangan lupa untuk memisahkan antara kaos polos berwarna kuat seperti merah, hitam, hijau, biru dengan kaos polos lain yang warna putih. Ada kecenderungan kaos berwarna bisa luntur. Sebaiknya memisahkan kaos yang memang sangat kotor dengan kaos yang hanya terkena keringat saja atau setengah kotor. Tujuannya agar kotorannya tidak jadi merata ke semua kaos.

Kaos polos. (Pixabay/ MikesPhotos)
Pisahkan kaos berwarna dengan kaos putih ketika mencuci. (Foto: Pixabay/ MikesPhotos)

2. Jangan Menyikat Kaos

Saat mencuci kaos, hidari untuk disikat. Hal ini menyebabkan kaos menjadi melar dan merusak pori-pori kaos sehingga teksturnya tidak akan halus kembali.

3. Jemur tidak Digantung

Dengan menjemur kaos bagian dalam di luar dapat mencegahnya penurunan warna akibat terik sinar matahari. Selain itu, ada baiknya untuk menjemur tanpa gantungan baju karena bisa membuat bagian leher kaos lebih melar.

Baju kaos. (Pixabay/ MabelAmber)
Jemur dengan bagian dalam di luar. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

4. Hindari Pemutih Pakaian

Seperti yang diketahui bahwa pemutih pakaian memiliki zat kimia yang sangat kuat sehingga menyebabkan sablon pada kaos menjadi terkelupas dan luntur. Bukan itu saja, pemutih juga mengubah tekstur bertambah kasar dan kaos polos menjadi lebih tipis.

5. Setrika Kaos

Selalu setrika kaos setelah selesai dicuci dan dijemur, namun pastikan disetrika dalam keadaan sudah kering. Saat akan disetrika, gunakanlah suhu yang ringan dan jangan terlalu panas. Solusinya, lapisi kaos menggunakan kain saat disetrika agar aman dari suhunya. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Lebaran Sebentar Lagi, Pastikan Baju Kamu Tak Salah Beli

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH