Tips Merawat Interior dan Eksterior Mobil Sebelum Mudik Perhatikan interior dan eksterior mobil (Sumber: Pixabay/SplitShire)

BAGI yang mudik menggunakan kendaraan roda empat, tentunya harus melakukan beberapa persiapan lebih, termasuk eksterior dan interior mobil. Dengan begitu perjalanan panjang saat pulang ke kampung halaman nanti bisa lebih nyaman.

Dilansir dari Antara, Direktur Keamanan dan Grup Bisnis Industri 3M Indonesia Ashutosh Shirodkar, menjelaskan kalau ketika melakukan perjalanan jauh, perawatan eksterior dan interior mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting.

Perhatikan interior mobilmu (Sumber: Pixabay/AaronPictures
Perhatikan interior mobilmu (Sumber: Pixabay/AaronPictures

"Menjelang hari raya, masih terdapat masyarakat yang memilih melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Dengan perawatan eksterior dan interior yang baik, mobil bisa siap menghadapi segala risiko pergantian cuaca hingga membantu untuk mencegah jamur yang dapat mengganggu penglihatan ketika berkendara," kata Ashutosh.

Berikut ini tips perawatan mobil bagi para pemudik agar kendaraan tetap kinclong selama perjalanan ke kampung halaman.

1. Perawatan interior untuk kenyamanan berkendara

Ilustrasi pengendaran mobil pribadi (ANTARA News/Chairul Rohman)
Ilustrasi pengendaran mobil pribadi (ANTARA News/Chairul Rohman)

Perawatan interior sangat diperlukan. Tidak perlu ke salon mobil, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan membersihkan dashboard. Setelah itu, angkat semua jok dan bersihkan karpet serta vakum cleaner pada lantai mobil. Bersihkan mobil dengan konsetrat pembersuh yang tepat agar hasil maksimal.

2. Perawatan eksterior agar tampil lebih kinclong

Perhatikan mobilmu sebelum pulang kampung (Sumber: Pixabay/sasint)
Perhatikan mobilmu sebelum pulang kampung (Sumber: Pixabay/sasint)

Di bagian luar, kamu perlu memperhatikan bagian kaca agar tidak ditumbuhi jamur. Hal tersebut tentu akan menggangu konsentrasi selama perjalanan. Ashutosh mengatakan cuaca tidak bisa diperkirakan ketika perjalanan. Hal itu membuat kotoran dan residu cepat muncul pada cat kendaraan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH