Tips Merawat Gawai Agar Tahan Lama Merawat gawai dengan baik membuatnya awet. (Foto: pexel)

BUKAN rahasia bila kehidupan kita selalu dikelilingi oleh gawai. Mulai dari smartphone, komputer, tablet, perangkat bluetooth hingga perangkat pendukung fitnes semuanya berbasis elektronik. Kebutuhan kita sangat besar dan membuat kita memanfaatkan perangkat tersebut tanpa henti. Untuk itu, hal esensial yang harus kita lakukan adalah merawat gawai kesayangan kita supaya tetap awet.

Awet atau rusak sebenarnya bukan masalah pada gawainya. Semua berpulang pada pemiliknya. Bila pemiliknya ceroboh, gawai yang dimilikinya biarpun itu berharga mahal tidak akan menjamin menjadi awet.

gawai
Rutin bersihkan gawai agar awet. (Foto: Pexel/ylanite koppens)

Berikut tips menjaga agar gawai kesayangan tahan lama:

1. Membersihkan Secara Rutin

Salah satu cara yang harus dilakukan agar performa gawai kita terus prima adalah dengan rutin membersihkan. Membersihkan gawai dapat mencegah debu dan kotoran lainnya masuk ke sela-sela perangkat. Langkah tersebut juga mengantisipasi gawai agar tidak terlalu sering masuk ke tempat servis dan dapat menekan pengeluaran.


2. Jangan Membawa Gawai ke Toilet

Beberapa diantara kita tak bisa lepas dari smartphone. Bahkan saat ke toilet pun kita tak lupa membawa gawai kesayangan. Namun, membawa smartphone atau perangkat lainnya ke toilet berisiko tinggi. Berbagai hal yang dapat membahayakan smartphone antara lain tercebur, terkena cipratan air, jatuh ke lantai, atau terkontaminasi bahan-bahan krom lainnya. Untuk itu jangan bawa smartphonemu ke toilet.

gawai
Jagalah gawai dari sinar matahari langsung. (Foto: eharmony)


3. Hindari Makan dan Minum Dekat Gawai

Ketika makan atau minum kita cenderung meletakkan smartphone tepat disamping peralatan makan. Alasannya agar mempermudah kita merespon jika dihubungi. Cara tersebut tak hanya dapat mempengaruhi performa smartphone tetapi juga beresiko terhadap kerusakan permanen. Jika tak berhati-hati, partikel makanan dapat masuk ke dalam sela-sela gawai dan dapat mempengaruhi fungsinya.


4. Jauhi Gawai dari Anak-Anak dan Hewan

Jangan tinggalkan anak-anak dan hewan sendirian dekat peralatan elektronik dan gawai. Jika demikian, kemungkinan peralatan elektronik rusak akan lebih besar. Kabel-kabel yang terpasang di smartphone, laptop atau peralatn elektronik lainnya berpotensi rusak apabila kamu tinggalkan anak-anak dan hewan berdekatan dengannya. Jika kau terbiasa meminjamkan gawai untuk anak-anak, gunakan case atau layar pelindung.

gawai

Jauhkan gawai dari anak-anak. (Foto: Pixabay/StockSnap)


5. Hindari Sengatan Matahari


Salah satu langkah yang perlu dilakukan agar smartphone tahan lama yakni dengan menghindari gawai terpapar sinar matahari. Sengatan matahari secara langsung berpotensi untuk merusak software dan hardware peralatan elektronik. Masukkan gawai ke dalam tas saat sedang tak digunakan. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH