Tips Mengolah Daging Kurban ala Chef Juna, Dijamin Nikmat

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 21 Juli 2021
Tips Mengolah Daging Kurban ala Chef Juna, Dijamin Nikmat
Chef Juna bagikan tips mengolah daging kurban (Foto: instagram @junarorimpandey)

MOMEN Hari Raya Idul Adha dan dua hari setelahnya biasanya diiringi dengan hidangan daging sapi maupun kambing. Biasanya daging tersebut diperoleh dari hasil berkurban.

Nah untuk kamu yang mendapat daging dan bingung untuk mengolahnya, kamu bisa mengolah dengan beberapa menu lezat yang enggak 'pasaran' ala Chef Juna.

Baca Juga:

Kenali Cara Mengolah dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Dalam mengolah daging, pertama-tama yang harus kamu lakukan yakni perhatikan kesegarannya. Jangan terlalu lama membiarkan daging segar dalam suhu ruangan, karena daging akan menjadi tidak higienis.

Sebaikyna daging kambing langsung diolah, agar tetap higienis, atau disimpan di dalam chiller (foto: pixabay/tomwieden)

Sebaiknya daging langsung diolah, atau disimpan di dalam chiller atau kulkas bawah maksimal 3 hari.

"Hindari memasukkan ke dalam freezer karena justru mengurangi kualitas dan rasa dagingnya," kata Chef Juna, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Untuk kamu yang bosan dengan olahan rendang, kamu bisa mencoba terik daging sapi. Menurut Chef Juna, terik sapi proses memasaknya tidak selama daging rendang. Olahan ini cocok untuk daging sapi bagian has luar dan has dalam.

Sementara itu, bagi kamu yang bosan dengan sate, kamu bisa memasaknya mengolahnya menjadi steak maranggi. Olahan tersebut merupakan sate marrangi tanpa tusukan.

Namun menurut Chef Juna olahan tersebut berbeda dengan sate konvensional. Karena, daging sapi perlu dimarinasi terlebih dahulu sebelum dibakar atau dimasak.

"Marinasi ini dalam rendaman bumbu halus yang terdiri dari garam, merica, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan asam jawa. Bisa ditambahkan dengan kecap dan gula merah," jelasnya.

Baca Juga:

Yuk, Olah Daging Kambing Jadi Tongseng

Sementara itu, untuk hidangan berkuah, Chef Juna menyarankan kamu bisa membuat olahan daging kambing menjadi tongseng atau krensengan kambing.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan aroma kambing (foto: pixabay/free-photos)

Untuk menghilangkan aroma kambing, kamu bisa melumuri daging dengan perasan air jeruk nipis atau lemon. Kemudian masaklah dengan banyak rempah, seperti halnya biji pala, ketumbar, jahe, kayu manis, serta petis. Hal itu berguna agar aroma kambing bisa 'terkamuflase'.

Selanjutnya, jangan lupa hidangan sapi atau kambing dilengkapi dengan sayuran. Menurut Chef Juna, olahan resep daging biasanya tanpa sayur, tapi dia menyarankan untuk mengolah sayuran yang tidak biasa, seperti daun ginseng, genjer, pucuk labu yang ditumis sederhana dengan bawang putih dan saus seperti kecap, kecap ikan, saus tiram, minyak wijen dan sebagainya.

Akhir kata, Chef Juna berpesan jangan mengonsumsi secara berlebihan, khususnya bagi penderita kolesterol atau hipertensi. Kemudian, penting juga mengimbangi dengan asupan buah-buahan. Selain itu, proses dan durasi memasak daging juga perlu diperhatikan, agar kandungan vitamin dan protein pada daging tidak hilang. (Ryn)

Baca Juga:

Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing dengan Trik Ini

#Kuliner #Daging Sapi #Daging Kambing #Idul Adha
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan