Tips Menghilangkan Aviophobia, Rasa Takut Naik Pesawat Hilangkan ketakutan naik pesawat dengan berbagai tips ampuh (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

PESAWAT TERBANG merupakan alat transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya tak terlepas dari kecepatan waktu tempuh dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan.

Namun tak semua orang berani naik pesawat, karena ada beberapa yang mengalami Aviophobia atau ketakutan akan terbang alias takut naik pesawat. Jika kamu menderita aviophobia namun tuntutan pekerjaan harus bolak-balik dengan pesawat, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Guna menghilangkan rasa takut naik pesawat.

Baca Juga:

Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Beberapa orang merasakan ketakutan untuk terbang atau naik pesawat (Foto: Pixabay/danilobueno)

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, banyak faktor yang membuat seseorang takut terbang atau naik pesawat. Misalnya, dia mungkin pernah mendengar ada suara-suara keras selama penerbangan, mengalami turbulensi dalam penerbangan sebelumnya, dan merasa sakit lantaran perubahan tekanan di dalam pesawat.

Selain itu, Aviophobia juga dapat terjadi jika seseorang takut akan ketinggian, pernah mengalami kecelakaan pesawat terbang, takut pesawat akan jatuh, dan memiliki ketakutan saat berada dalam ruangan tertutup dan penuh sesak. Beberapa faktor tersebut merupakan pemicu yang menimbulkan rasa takut naik pesawat. Ada beberapa tips untuk menghindari ketakutan naik pesawat.

Lakukan latihan meditasi setiap hari selama satu atau dua minggu sebelum jadwal terbang. Tarik napas dalam-dalam selamat 4 detik, dan hembuskan perlahan selama 6 detik. Ulangi hingga tubuh dan pikiran kamu menjadi tenang.

Selanjutnya, turunkan penutup jendela pesawat agar kamu tak terganggu dengan pemandangan di luar. Lakukan hal-hal yang membantu kamu tetap fokus, tidak taku dan tidak cemas. Seperti halnya membaca buku, menonton fil, mendengarkan musik atau makan sesuatu.

Aviophobia sendiri bisa meningkat jika kamu merasa cemas. Hilangkanlah unsur-unsur yang bisa memicu rasa cemas dengan kafein, minuman benergi, dan stimulan lainnya.

Baca Juga:

Tips Anti 'Norak' Saat Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Hilangkan ketakutan dengan beberapa cara, salah satunya membaca buku dan menonton film (Foto: pixabay/ornaw)

Ada baiknya beri tahu penumpang di sebelah kamu dan kru pesawat, jika kamu takut naik pesawat. Agar, saat rasa takut muncul di penerbangan, penumpang lain dan kru pesawat dapat memberikan saran yang berguna atau membantu mengurangi rasa takut naik pesawat pada dirimu.

Langkah selanjutnya yakni temui terapis atau ahli psikologi. Hal ini jika rasa cemas kamu sudah sangat ekstrim dan menggangu aktivitas. Karena seseorang profesional yang sudah terlatih bisa membantu kamu menghadapi dan menghilangkan ketakutan naik pesawat. Mereka tentu bisa memberikan solusi yang tepat sesuai dengan keadaan dan tingkat keparahan ketakutanmu. Seperti halnya dengan mengonsumsi obat pereda cemas, terapi, hipnoterapi dan terapi relaksasi.

Takut naik pesawat sendiri merupakan salah satu jenis fobia yang umum terjadi. Tapi jangan sampai ketakutanmu menghalangi kamu untuk bepergian, bekerja, maupun traveling ke tempat lain dengan pesawat terbang.

Dengan melakukan berbagai tips menghilangkan rasa takut naik pesawat diatas, dan mencari informasi sebaik mungkin tentang penerbangan. Aviophobia kamu bisa berkurang atau bahkan hilang, semoga bermanfaat yah guys. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Memulai Usaha Jastip Sambil Traveling

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH