Enggak Bisa Mudik? Banyak yang Bisa Dilakukan Enggak bisa mudik, enggak usah sedih! (Foto: Pixabay/stocksnap)

HARI Raya Idul Fitri biasanya dijadikan oleh banyak orang sebagai momen mudik ke kampung halaman. Selain meratyakan Lebaran juga bersilaturahim dengan sanak saudara dan orang tua.

Tapi tak semua dapat mudik. Ada saja faktor yang menghalangi berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Mangkir mudik bisa jadi karena kondisi kesehatan tak memungkinkan, uang yang tak cukup, dan tuntutan pekerjaan. Bisa jadi kamu galau! Karena pada momen spesial Hari Raya Idul Fitri tak bisa merayakannya dengan keluarga besar.


Namun berlarut-larut dalam kesedihan bukanlah hal yang baik, meski tak bisa mudik pada Hari Raya bukan berarti kamu harus murung. Karena dalam menyambut lebaran justru kamu harus tetap senang dan riang gembira di hari yang fitri tersebut.

Nah, untuk mengobati rasa sedih kamu di Hari Raya yang tak bisa mudik, berikut adalah beberapa tips untuk menghapus kesedihanmu.

1. Telepon

Telepon dapat digunakan untuk tetap menjalin tali silaturahim. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Untuk kamu yang tak bisa mudik, kamu masih bisa untuk berhubungan dengan orang tua atau saudara dikampung dengan meneleponnya untuk menanyakan kabar atau berbincang-bincang untuk melepas kerinduan dengan mereka. Dengan begitu kesedihanmu pun akan berkurang saat tak bisa mudik atau pulang kampung.

2. Video Call

Video call dapat digunakan untuk saling bertatapmuka. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Selain telepon di zaman now yang serba canggih ini, mungkin sudah banyak saudara atau orang tua mu di kampung halaman yang menggunakan smartphone. Tentunya fitur yang ada di dalamnya adalah video call. Nah dengan video call kamu bisa melihat langsung wajah dan kondisi sekitar orang tua atau saudaramu di kampung halaman. Pelepasan silaturahim tetap bisa terjalin saling bertatapmuka melalui fitur modern itu.

3. Kirim Uang Atau Parcel

Kirimlah hadiah untuk sanak saudara di kampung halaman. (Foto: pixabay/jill111)

Bagi kamu yang tak bisa mudik lantaran kondisi kesehatan yang tak memungkinkan atau tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu bertugas di hari raya. Kamu bisa mengirimkan uang ataupun parcel untuk keluarga di kampung. Karena meski kamu tak bisa hadir, setidaknya kamu bisa memberikan kesan positif bagi keluarga disana dan membuat mereka bahagia. Jika keluargamu disana bahagia dengan uang dan parcel yang kamu berikan. Tentu kamu pun akan ikut bahagia karena dapat menebar energi positif. Kesedihanmu terbayarkan.

4. Keluarga atau Teman Terdekat

Sambangilah orang-orang yang ada di dekat kamu. (Foto: pixabay/irminromero)

Tak bisa mudik ke kampung halaman jangan lantas bersedih. Jalinlah silaturahim ke rumah keluarga yang jaraknya dekat (jika ada) ataupun ke rumah rekan-rekan terdekatmu. Dengan begitu kamu masih mendapatkan momen untuk merayakan Idul Fitri dengan orang-orang terdekatmu.

5. Tempat Wisata Terdekat

amusement
Carilah hiburan ke destinasi wisata terdekat. (Foto: Pexels/Frank Zienert)

Ambilah kesempatan ini dengan mendatangi destinasi wisata yang dekat dengan rumah kamu. Mungijn saja selama ini kamu berniat ke sana belum kesampaian juga. Inilah saatnya ke sana. Dengan begitu libur lebaran kamu tak begitu hampa karena tak bisa mudik.

6. Atur Waktu Mudik Setelah Lebaran

Mudiklah setelah Lebaran habis. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Tak ada larangan untuk mudik setelah Lebaran berakhir. Malah kamu bisa mudik dengan nyaman ketika orang-orang kembali ke rutinitasnya. Meski kamu kehilangan momen tepat di Hari Raya Idul Fitri, setidaknya kamu dapat meredam kerinduan dengan bertemu dengan keluarga di kampung halaman. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tips Sederhana Agar Wajah Tak Cepat Tua

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH