Tips Menghadapi Musim Hujan Banyak yang perlu disiapkan sebelum memasuki musim hujan. (Foto: Pixabay/Pexels)

AKHIRNYA musim hujan tiba. Setelah merasakan teriknya panas matahari diikuti dengan hembusan angin kemarau, kini suasana kembali dingin dan sejuk. Tetapi hati-hati, ada banyak hal yang harus kamu siapkan sebelum menghadapi musim hujan. Tubuh akan rentan terkena penyakit karena efek perubahan cuaca. Selain itu kondisi rumah juga perlu diperhatikan. Jangan sampai bocor di mana-mana ketika hujan besar menghadang.

Melansir dari squareoneinsurance.com, meskipun terlihat baik-baik saja, belum tentu rumahmu aman dari kerusakan kecil. kamu perlu memeriksa secara berkala dan segera melakukan tindakan. Beli persediaan obat dan vitamin di rumah. Umumnya orang akan terkena flu dan demam di musim hujan. Apa saja yang harus kamu siapkan? Simak ulasan menarik berikut ini.

Baca juga:

Pertengkaran Jelang Pernikahan, Hadapi dengan Tips Ini

1. Perbaiki Atap Rumah

Perbaiki atap rumah yang rusak. (Foto: Pixabay/FrankWinkler)
Perbaiki atap rumah yang rusak. (Foto: Pixabay/FrankWinkler)

Air hujan berpotensi merusak atap rumah. Tekanan yang diberikan oleh rintik-rintik air bisa membuat keretakan di segala sisi. Untuk itu kamu perlu memperbaiki bagian atap rumah yang rusak sebelum musim hujan datang. Sulit untuk melakukan perbaikan ketika hujan terus turun dan membasahi atap.

2. Potong Dahan Liar

Dahan liar berpotensi merusak atap rumah. (Foto: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)
Dahan liar berpotensi merusak atap rumah. (Foto: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)

Nah ini dia yang sering diabaikan banyak orang. Jika rumahmu dipenuhi banyak pohon rindang, potonglah dahan kecil yang tumbuh liar. Karena dahan liar rapuh dan mudah terjatuh ketika terhembus angin kencang. Kalau sudah begini atap rumah bisa rusak parah.

Baca juga:

Brand Ponsel Pintar yang Menduduki Peringkat 4 Terbaik Di Indonesia

3. Sedia Payung

Wajib membawa payung. (Foto: Pixabay/JillWellington)
Wajib membawa payung. (Foto: Pixabay/JillWellington)

Wajib hukumnya untuk membawa payung kemana pun kamu pergi saat musim hujan tiba. Karena banyak orang lupa membawa payung dan terpaksa terus menerus membeli yang baru ketika sedang pergi. Jika membawa payung kemana-mana membuat tas terasa berat, kamu bisa membawa jas hujan tipis yang muat di dompet kecil.

4. Simpan Makanan

Simpan makanan di tempat kering. (Foto: Pixabay/congerdesign)
Simpan makanan di tempat kering. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Makanan lebih cepat basi ketika memasuki musim hujan. Hal ini disebabkan karena kondisi udara yang berubah menjadi lembab sehingga bakteri dan jamur sangat cepat berkembang biak. Sediakan area kering khusus menyimpan makanan. Pastikan untuk terhindar dari rintik hujan dan suhu lembab. Dengan begitu makanan akan awet lebih lama. (mar)

Baca juga:

Bibir Pecah Diperparah dengan Hal ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH