Bijak Berponsel, Jangan Sembarang Unggah dan Berbagi Lokasi Ilustrasi Smartphone (Foto: pixabay/photomix-company)

SAAT ini, smartphone merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan seseorang, bahkan hampir di segala usia.

Namun berapapun usia anda, tentunya harus menggunakan ponsel dengan aman dan bermanfaat. Karena ada beberapa orang yang asal-asalan menggunakan smartphone tanpa mengetahui bahaya mengancam jika salah bertindak.

Berangkat dari hal itu, seperti dilansir Miui, berikut ini beberapa kiat sederhana namun efektif untuk membuat kamu lebih bijak memakai ponsel.

1. Hati-Hati mengunggah dan membagikan informasi

Jangan sembarang unggah informasi. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Gunakanlah akal sehatmu tentang informasi yang akan diunggah dan dibagikan dari smartphone. Pasalnya, seluruh teks, foto dan video yang telah diposting dapat dengan mudah disalin dan diunggah ditempat lain. Maka dari itu, pikirkanlah baik-baik jika ingin mengunggah sesuatu karena bisa jadi reputasimu lah taruhannya.

2. Hindari balas pesan saat berkendara

Stop balas pesan saat berkendara. (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Saat berkendara atau mengemudi, kamu tak boleh mengirim pesan singkat, e-mail, mengakses media sosial. Karena hal itu kerap menyebabkan kecelakaan. Lengah sepersekian detik saja, akibatnya bisa fatal. Nah jika terjadi kecelakaan, bukan hanya kamu yang rugi, tapi juga membahayakan pengendara lain di jalan.

3. Jangan berbicara keras di telepon

Berbicara lah perlahan saat menelepon. (Foto: Pixabay/Nastya_gepp)

Jika sedang telepon kamu tak boleh berbicara dengan suara keras, dan tidak berbicara atau mengirim pesan dengan cara yang akan menggangu orang lain atau melanggar privasi kamu. Karena suara bisingmu ketika telepon akan mengganggu orang-orang di sekitar kamu dengan hal yang seharusnya menjadi privasimu.

4. Gunakan smartphone di jam istirahat

Pakai ponsel pada jam istirahat. (Foto: Pixabay/Kaboompics)

Ketika kamu terus menerus mengirim dan membalas pesan serta telepon, hal itu dapat memengaruhi kualitas tidur, konsentrasi, pendidikan dan hal-hal lainnya yang patut anda pikirkan dan fokuskan. Karena itu, kamu perlu istirahat sejenak dari smartphone ketika tidur, berkumpul dengan teman sejati dan momen-momen penting lainnya yang sangat perlu untuk mematikan smartphone kamu.

5. Hati-hati berbagi lokasi

Hati-hati berbagi lokasi. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Saat ini semakin banyak aplikasi yang memungkinkan teman kamu untuk melihat lokasi kamu berada satu sama lain. Nah jika kamu menggunakan layanan sejenis itu, lakukanlah hanya dengan teman-teman yang kamu kenal secara langsung.

Pahamilah fitur privasi di layanan yang akan anda gunakan. Karena jika tidak, akan menimbulkan bahaya, karena bisa saja kejahatan mengintaimu karena lokasi kamu berada dapat diketahui dengan mudah lewat media sosial. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ini Alasan Para Millennials Masih Suka Jalan Ke Mal

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH