Otomotif

Tips Mengemudi Agar Irit Konsumsi BBM

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 11 Oktober 2021
Tips Mengemudi Agar Irit Konsumsi BBM
Kenali tips mengemudi irit BBM (Foto: pixabay/free-photos)

SAAT mengemudi jarak jauh, sejumlah orang mengeluhkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros dari biasanya. Hal itu bisa jadi karena berbagai faktor. Untuk mobil semakin irit, ada sejumlah tips mudah yang bisa dilakukan.

Menurut Auto2000, tips pertama yang bisa dilakukan yakni periksa tekanan udara Ban. Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara kerap terlupakan, padahal sangat mempengaruhi konsumsi BBM.

Baca Juga:

Tips Aman Angkut Sepeda dalam Mobil

Seperti halnya apabila tekanan udara ban kurang dari yang sudah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Terlebih bila penumpang di dalam mobil cukup banyak, otomatis bobot bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

Cek ukuran ban dan manajemen perjalanan sangat penting (Foto: pixabay/qimono)

Tips yang kedua yakni manajemen perjalanan. Apabila memiliki waktu lebih, sebaiknya kamu pergi lebih awal, agar tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang kerap terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakanlah peta digital untum menentukan rute perjalanan terbaik, agar konsumsi bahan bakar bisa ditekan.

Kemudian, tips yang ketiga ialah menjaga emosi di mobil. Hal ini sifatnya sangat wajib, karena bila emosi, kamu tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif.

Hal tersebut tak sekadar membuat penggunaan bensin meningkat, emosi pun bisa berujung pada keributan dan kecelakaan lalu lintas. Sebaiknya, jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain, yang membuat konsumsi bensin bertambah.

Baca Juga:

Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

Tips yang keempat yakni mengemudi dengan santai dan halus. Setelah menyalakan mesin, tidak perlu terlalu lama untuk berjalan. Pastikan segala keperluan sperti kartu e-toll, dompet, ponsel, dan playlist audio dipersiapkan. Karena membiarkan mobil idle dalam waktu lama bisa menghabiskan bensin sia-sia.

Sebaiknya, berkendaralah dengan santai dan halus ketika menginjak pedal gas. Kemudian, biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Jangan lupa atur jarak yang pas dengan mobil di depan, sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas maupun pedal rem.

Jangan emosi dalam berkendara (Foto: pixabay/kahlOrr)

Kemudian, segera matikan mesin saat berhenti lama. Seperti halnya berhenti di mini market atau rest area jalan tol. Hal ini tampak sepele, tapi bila diakumulasi akan terasa keuntungannya.

Tips kelima manfaatkan fitur eco indicator. Pada mobil-mobil keluaran baru, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ECO Indicator. Apabila berhasil berkendara irit bensin, ditandai dengan indkator berwarna hijau. Itu berarti kamu bijaksana dalam mengatur inajakan pedal gas. Apabila kamu sukses membuat ECO Indicator selalu menyala, berarti gaya mengemudi kamu masuk dalam level eco driving.

Kemudian, tips yang keenam yakni service berkala secara rutin. Karena, service berkala bisa mengembalikan performa mesin mobilmu, agar tetap bertenaga dan efisien. Termasuk memastikan komponen pendukung mobil dalam kondisi prima. Positifnya, konsumsi BBM tidak akan berlebihan. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

#Otomotif #Mobil #Mengemudi Mobil #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan