Tips Mengatur Pengeluaran Akhir Tahun yang Enggak Bikin Kantong Kempes Atasi pengeluaran membengkak di akhir tahun dengan beberapa tips ampuh (Foto: Pixabay/nickgessel)

BIASANYA menjelang akhir tahun akan lebih banyak pengeluaran ketimbang pada bulan-bulan lainnya. Karena tentu akan banyak acara menjamu keluarga dan teman, atau traveling ke luar kota bahkan luar negeri.

Jika bonus tahunan telah turun tentu tak menjadi masalah. Sayangnya bila tak mendapat bonus tahunan melainkan hanya gaji bulanan saja, pastinya akan membuatmu ketar-ketir akan pengeluaran di akhir tahun yang membengkak.

Tapi jangan takut, karena ada beberapa cara agar pengeluaran kamu tak membengkak di akhir tahun dengan beberapa tips menarik seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berhemat sejak awal bulan Desember

Berhematla sejak awal bulan untuk mengatasi pengeluaranmu di akhir tahun (Foto: pixabay/stevepb)

Untuk mengatasi pengeluaran sebaiknya sejak awal bulan Desember kamu sudah harus berhemat. Hal ini demi mencegah tak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran kamu di akhir tahun.

2. Buat rencana yang baik dan tahu prioritasnya

Buat Planning acara apa saja yang akan kamu ikuti di akhir tahun (Foto: pixabay/pexels)

Liburan atau berkumpul bersama keluarga ataupun teman diakhir tahun boleh saja. Tapi kamu juga harus memperhatikan anggaran rumah tangga yang mencukupi untuk kebutuhan bulanan. Untuk itu buatlah rencana seefisien mungkin, prioritaskan acara yang benar-benar penting, seperti acara keluarga.

3. Cari promo untuk lebih menghemat pengeluaran

(Foto: pixabay/qimono)

Untuk kebutuhan akhir tahun cari promo barang-barang yang dibutuhkan lewat situs belanja online. Karena biasanya akan jauh lebih murah ketimbang kamu beli di toko atau mall. Selain itu dengan berbelanja online kamu juga bisa dengan mudah membandingkan harga barang dengan toko lainnya. Hal tersebut juga berlaku untuk tiket pesawat ataupun penginapan, pada situs pemesanan tiket online biasanya banyak promo menarik yang bisa membuat kamu lebih berhemat dan menekan pengeluaran.

4. Ingatlah momen kebersamaan keluarga dapat dibuat di rumah

Merayakan pesta akhir tahun dengan keluarga besar dirumah akan terasa menyenangkan (Foto: pixabay/pexels)

Untuk kamu yang memiliki bujet minim, menghabiskan pesta akhir tahun tak melulu harus di hotel mewah, tempat wiasata ataupun di luar negeri. Karena membuat acara dirumah pun tak kalah serunya loh. Seperti berkumpul bersama keluarga dengan masak-masak bersama, minum-minum, pesta kembang api dan bakar-bakar ikan, jagung dan ayam juga tak akan kalah menariknya. Karena yang terpenting ialah momen kebersamaanya, bukan soal tempat. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Popcorn Beach, Uniknya Pantai Berpasir Berondong Jagung

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH