Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar di Rumah

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 06 Mei 2020
Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar di Rumah
Belajar kadang memang mengundang kantuk. (Foto: Unsplash/Ben Mullins)

BELAJAR di rumah tentu banyak tantangannya, salah satunya adalah mengantuk. Biasanya hal ini terjadi kalau kamu habis makan lalu tiduran kena angin sepoi-sepoi, wah mantap sekali untuk tidur. Untuk beraktivitas yang lain pasti sudah malas, apalagi belajar.

Bagaimanapun juga kamu tetap memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugasmu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan di rumah untuk mengatasi ngantuk.


Baca Juga:

Anak Bosan di Rumah? Ini Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Bersama Si Kecil Selama di Rumah Saja


1. Makan permen karet

makan
Mengunyah permen karet bisa membuatmu lebih fokus. (Foto: Pexels/Tophee Marquez)


Ketika kamu mengunyah permen karet otot rahang kamu akan aktif bekerja. Sehingga pikiranmu lebih fokus pada kunyahan permen karet dibandingkan dengan rasa kantuk yang sedang kamu rasakan.

2. Suasana baru

ruangan
Pindah ruangan untuk merefresh suasana. (Foto: Unsplash/Andrew Neel)


Kamu merasa bosan? Jalanlah keliling rumah sebentar atau ke dapur untuk cari cemilan untuk mengusir rasa bosan. Jika kamu sudah merasa bosan sekali atau jenuh sekali, kamu bisa coba pindah ruangan agar tidak terlalu monoton.


Baca Juga:

Kiat Efektif untuk Para Guru dalam Memberikan Tugas Sekolah selama PSBB


3. Duduk tegak

tegak
Jangan belajar di kasur, cenderung mengantuk. (Foto: Unsplash/Christin Hume)


Posisi paling enak ketika di rumah yaitu di tempat tidur. Tetapi tempat tidur akan membuat kamu mengantuk. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengerjakannya di meja sambil duduk tegak untuk mengurangi rasa ngantuk.


4. Minum air putih

air
Dehidrasi dapat membuat kantuk keluar. (Foto: Pexels/pixabay)


Kekurangan cairan juga bisa membuatmu ngantuk loh, oleh karena itu minumlah air yang cukup agar tidak mengantuk. Tak hanya aktivitas fisik yang bisa membuat seseorang jadi dehidrasi. Belajar juga bisa membuatmu dehidrasi karena adanya tekanan pada otak untuk berfikir. Biasakan sebelum belajar untuk meminum segelas air dan sediakan air ketika kamu belajar.

Tetapkan waktu untuk belajarmu, jangan terlalu lama atau sampai larut malam juga. Cukup menyelesaikan tugas untuk keesokan harinya dan mengulang sedikit materi agar tidak lupa. Terpenting adalah luangkan waktu untuk belajar, jangan terlalu sibuk dengan kegiatan mu ketika lagi #DiRumahAja. (lio)

Baca Juga:

Antibosan! 4 Ide Kegiatan Sederhana dan Produktif Selama #DiRumahAja

#Belajar
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan