Tips Mengambil Gambar Saat Traveling ada beberapa tips untuk mengambil gambar saat traveling (Pixabay/Free-Photos)

TAK lengkap rasanya jika traveling tidak mendokumentasikan momen-momen penting dalam bentuk foto. Selain bisa menjadi kenang-kenangan, foto di tempat yang kamu kunjungi juga dapat dijadikan alat eksistensi di media sosial.

Sayangnya banyak dari traveler tidak mengerti bagaimana cara mengambil angle foto yang baik. Kalau tidak percaya, coba saja ketik salah satu destinasi di Instagram. Di sana ada banyak traveler yang terkesan asal upload foto di media sosial.

Nah dilansir dari The Adventure Junkies, kali ini merahputih.com akan menunjukan tips fotografi yang baik.

1. Pilih waktu terbaik

Pilih waktu terbaik (Pixabay/jonas-svidras)
Pilih waktu terbaik (Pixabay/jonas-svidras)

Mau itu pemandangan alam atau kota sebaiknya pilih waktu terbaik untuk mengabadikan momen dengan kameramu. Terus kapan waktu terbaik itu? Disarankan untuk mengambil momen di pagi atau sore hari.

Hal itu karena saat pagi atau sore hari pantulan sinar matahari pada objek yang ingin di foto menimbulkan kesan artistik. Berbeda ketika kamu mengambil foto di siang hari. Matahari yang bersinar lebih horozontal sehingga sehingga menimbulkan kesan datar dan membosankan.

2. Riset dulu sebelum foto

Riset sangat diperlukan agar hasil foto bagus (Pixabay/mbll)
Riset sangat diperlukan agar hasil foto bagus (Pixabay/mbll)

Mempelajari tempat yang akan kamu abadikan dapat membuat hasil foto lebih bagus. Hal itu juga diutarakan oleh fotografer National Geographic, Robert Caputo.

Contoh paling dasar adalah saat ingin mengabadikan sunset atau sunrise, bangun satu jam lebih awal untuk menjelajahi area dan menemukan tempat yang tepat untuk mengambil foto. Faktor lain yang harus diketahui yakni cuaca dan otoritas area dilarang berfoto.

3. Berpikir out of the box

Bberpikirlah out of the box (Pixabay/JESHOOTScom)
Bberpikirlah out of the box (Pixabay/JESHOOTScom)

Kenapa harus mengambil angle foto yang sama dengan orang lain? Cobalah lebih kreatif dalam mengambil bidikan yang sama dari sudut yang berbeda.

Kamu juga jangan puas dengan foto pertama yang diambil. Dengan begitu kamu bisa memiliki perbandingan foto mana yang paling bagus.

4. Jadilah orang yang sabar

Jadilah orang yang sabar (Pixabay/moreharmony)
Jadilah orang yang sabar (Pixabay/moreharmony)

Fotografi mengajarkan kamu untuk bersabar. Kamu tidak dapat mengontrol kondisi cuaca, jenis permukaan tempat kamu berdiri, keramaian yang akan kamu temui. Tapi kamu dapat mengontrol bagaimana perasaan kamu tentang area tersebut.

Saat tiba di tujuan yang kamu pilih, luangkan waktu dan jangan terburu-buru. Tunggu hingga cahaya tepat nikmati momen itu dan ketika semuanya sudah pas baru kamu abadikan momen-momen itu.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH