Tips Mendongkrak Semangat Kerja setelah Lebaran Ada beberapa cara untuk mendongkrak kembali semangat kerja pasca lebaran(Foto: pixabay/rawpixel)

KETIKA libur lebaran usai, mungkin beberapa orang merasa sedikit malas untuk kembali menjalani rutinitas pekerjaan. Apalagi biasanya pasca lebaran setumpuk pekerjaan telah menanti.

Karena selama libur, kamu terlepas dari penatnya pekerjaan dan tanggung jawab kantor. Jadi kamu telah terbiasa bersantai dan mengosongkan pikiran.

Hal itu juga berlaku untuk, kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, dengan tumpukan tugas dari guru maupun dosen. Karena itu, disaat liburan usai, waktu masuk kerja,sekolah atau kuliah tiba, kamu harus kembali memompa semangat hidup kamu.

Berikut ini ialah beberapa tips untuk mendongkrak kembali semangat kerja, sekolah atau kuliah seperti yang dilansir dari laman Go-dok.

1. Jaga Pola Makan

Jalani pola makan yang teratur (foto: pixabay/free-photos)

Langkah pertama untuk mendongkrak semangat kerja pasca lebaran, yaitu mengatur pola makan sehat. Mungkin selama liburan kamu menjalani pola makan yang tak teratur.

Seperti sarapan dengan mi instan, makan tengah malah, sering makan junk food atau terlalu banyak makan. Jika diteruskan, hal itu bisa membuat kamu obesitas serta tidak sehat.

Karena itu, ketika kembali ke rutinintas bekerja, perbanyaklah makan buah dan sayur setiap hari. Hindari berbagai makanan instan dan cepat saji, serta minuman berkarbonasi.


2. Tidur Lebih Awal

Jangan tidur larut malam (Foto: pixabay/free-photos)

Pada bulan Ramadan, pola tidur kamu pun berubah, yaitu mengikuti waktu sahur. Ketika liburan sehabis lebaran, dalam rangka 'balas dendam', kamu pun lantas tidur sesuka hati. Seperti begadang menonton film di tv, atau bangun lebih siang usai menonton pertandingan sepak bola.

Nah, untuk mendongkrak semangat kerja usai liburan. Penting bagi kamu untuk mengatur kembali pola tidurmu. Salah satunya ialah dengan tidur lebih awal. Sebaiknya tidur jam 9 atau jam 10 malam, guna memulihkan kebugaran tubuh kamu.

3. Berolahraga

Jangan lupa untuk rutin berolahraga pasca lebaran (Foto: pixabay/geniusvv)

Langkah ketiga untuk mendongkrak semangat kerja pasca lebaran, yaitu dengan berolahraga. Olahraga yang dimaksud ialah bertujuan untuk menghasilkan ekringat serta membakar kalori libur lebaran yang masih tersisa.

Kamu tak harus melakukan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga atau skipping. Dengan berolahraga, tubuh kamu akan lebih segar dan semangat menjalani aktivitas.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih 8 gelas sehari (Foto: pixabay/congerdesign)

Cara keempat untuk mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran, yaitu dengan mencukup asupan cairan harian kamu. Perlu kamu ketahui, kadang rasa haus disalahartikan sebagai rasa lapar oleh tubuh. Hingga menyebabkan kamu banyak makan.

Padahal terlalu banyak makan tak baik bagii tubuh. Serta akan menyebabkan rasa malas dan kantuk. Sebaiknya minum cukup air kurang lebih 8 gelas per hari, agar tubuh kamu tetap segar dan terhidrasi.

Baca juga: Penderita Asam Urat, Hindari Deretan Makanan Ini Saat Lebaran

5. Jangan Terburu-Buru

Jangan terburu-buru dalam menyelesaikan tugas yang menumpuk (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Saat pertama kali masuk kerja, kamu tak dianjurkan untuk langsung mengerjakan tugas menumpuk secara terburu-buru. Menurut Psikolog Dr. Meredith Fuller, megnatakan jika salah satu alasan seseorang merasa malas pada hari pertama kerja, mereka langsung terburu-buru mengerjakan tugasnya.

Sebaiknya kamu lebih santai dalam bekerja. hingga dapat menikmati hari pertama dengan penuh semangat. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH