Tips Menciptakan Area Hobi Nyaman di Rumah

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 09 Maret 2022
Tips Menciptakan Area Hobi Nyaman di Rumah
Mengatur interior rumah senyaman mungkin untuk mendukung hobi. (Foto: Pexels/George Milton)

DEMI meningkatkan kebahagiaan selama berada di rumah akibat pandemi, menjalankan hobi terbukti ampuh untuk mengelola rasa jenuh. Hal ini ternyata turut menjadi cara yang banyak dipilih masyarakat Indonesia demi menjaga keseimbangan diri selama kurang lebih dua tahun ke belakang.

Namun, hobi juga tentu memerlukan beberapa peralatan khusus, aksesoris, hingga perabotan yang diperlukan untuk menjalankan hobi. Karenanya, untuk mendukung anggota keluarga dalam menyalurkan hobi di rumah, kamu bisa berkreasi membuat suatu ruangan khusus sebagai area hobi keluarga.

Ruangan khusus ini penting agar kamu bisa lebih fokus pada saat menyalurkan hobi dan memudahkan penataan barang-barang hasil kreasi tanpa mengganggu estetika rumah. Berikut adalah beberapa ide dan rekomendasi produk untuk menciptakan area hobi yang akan membantu meningkatkan suasana selama berada di rumah, seperti dilansir laman ANTARA mengutip dari siaran resmi IKEA, Selasa (8/3).

Baca juga:

Tren Warna Desain Interior Rumah yang Nyaman

Semua yang dibutuhkan dalam jangkauan

Tips Menciptakan Area Hobi di Rumah
Pastikan semua pada tempatnya. (Foto: Pexels/Anete Lusina)

Waktu bermain dan menyalurkan hobi adalah waktu yang berharga. Menyusun barang sesuai dengan kategori akan membantu area hobi tertata dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia karena harus mencari peralatan hobi. Kamu bisa menata peralatan hobi sesuai dengan warna dan jenis dalam rak khusus yang tersusun rapi agar mudah ditemukan.

Atur pencahayaan yang sesuai

Tips Menciptakan Area Hobi di Rumah
Atur pencahayaan sesuai hobi. (Foto: Pexels/Michael Burrows)

Pencahayaan menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sebab, pencahayaan yang sesuai dapat menciptakan suasana yang lebih hidup dan meningkatkan imajinasi untuk menyalurkan hobi.

Gamers, misalnya, lebih membutuhkan ruangan gelap dengan pencahayaan dari lampu berwarna-warni layaknya berada di dalam animasi game. Sedangkan orang yang memiliki hobi menjahit atau melukis biasanya membutuhkan ruangan yang tinggi pencahayaan agar dapat fokus melakukan hobinya.

Hadirkan inspirasi melalui wall art

Tips Menciptakan Area Hobi di Rumah
Dekorasi tembok di ruangan hobi. (Foto: Pexels/Spencer Selover)

Tidak sedikit orang yang memiliki banyak koleksi hobi untuk dipajang di rumah. Agar tidak berantakan dan tetap terlihat estetik, kamu bisa menyisihkan sedikit space di dinding area hobimu untuk memajang koleksi maupun inspirasi hobi sebagai wall art.

Baca juga:

Desain Interior yang Mengkilap di Tahun 2022

Tambahkan tanaman hias sebagai dekorasi

Tips Menciptakan Area Hobi di Rumah
Tanaman hias seperti kaktus cocok untuk diletakkan di ruangan hobi. (Foto: Pexels/George Milton)

Untuk menambah nuansa yang segar dan alami di area hobi, tambahkan tanaman hias yang mudah dirawat seperti kaktus. Tidak hanya untuk mempercantik ruangan, namun keberadaan tanaman di dalam ruangan dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Kaktus relatif mudah untuk dirawat karena tak perlu sering disiram. Supaya semakin indah dipandang dengan menghadirkan nuansa klasik dan mewah, kamu bisa menggunakan pot cantik sebagai rumah dari tanaman.

Sediakan tempat duduk nyaman

Tips Menciptakan Area Hobi di Rumah
Tempat duduk nyaman jadi hal wajib di area hobi. (Foto: Pexels/Cottonbro)

Untuk mendukung fokus saat menyalurkan hobi, kamu memerlukan bahan dudukan yang lembut. kamu bisa menggunakan kursi yang nyaman dengan bantalan empuk untuk menambah kenyamanan saat harus duduk dalam waktu yang lama. (*)

Baca juga:

5 Ide Desain Interior yang Tepat untuk Apartemen Kecil

#Hobi #Dekorasi Rumah #Desain Interior
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan