Kecantikan

Tips Mencegah dan Merawat Kulit Wajah yang 'Break Out' Ketika Traveling

annehsannehs - Selasa, 04 Januari 2022
Tips Mencegah dan Merawat Kulit Wajah yang 'Break Out' Ketika Traveling
Jangan lupa menggunakan tabir surya. (Foto: Unsplash/Marco Xu)

KETIKA berpergian, mungkin kamu akan berpikir. 'Harus enggak sih gue membawa semua produk skincare yang dipake? Kan cuma pergi empat hari." Belum lagi kamu harus mempersiapkan wadah travel size agar tidak menuh-menuhin koper. Alhasil, sebagian dari kita hanya membawa skincare yang penting-penting saja seperti pelembab, tabir surya, dan sebagainya.

Tidak hanya dari faktor skincare yang digunakan, faktor lingkungan dari tempat yang baru juga sangat berpengaruh bagi kulit. "Perubahan kelembapan, kualitas udara, suhu, atau tingkat paparan sinar mataharia bisa menyebabkan hal-hal seperti kekeringan, kemerahan, dan jerawat," ungkap dokter kulit Shari Marchbein, MD kepada Cosmopolitan.

Baca juga:

Atasi 3 Masalah Rambut dengan Masker Alami Buatan Sendiri

Tak usah ragu kulit wajah breakout saat traveling. (Foto Cosmopolitan)
Tak usah ragu kulit wajah breakout saat traveling. (Foto: Unsplash/Hong Nguyen)

Belum lagi membahas kekeringan kulit ketika berada di pesawat terlalu lama yang bisa menyebabkan wajah memproduksi minyak yang berlebihan untuk menyesuaikan dengan keadaan. Ini membuat wajahmu menjadi dehidrasi tetapi juga berjerawat dalam waktu yang bersamaan.

Jangan takut, karena ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan untuk mencegah breakout ketika berpergian. Pertama-tama, Marchbein mengingatkan untuk menggunakan pembersih wajah, moisturizer yang lebih banyak, dan tabir surya atau sunscreen minimal SPF 50, terutama ketika naik pesawat.

Pastikan untuk selalu minum air putih dalam perjalanan, setidaknya satu gelas per dua jam. Jangan lupa untuk selalu membawa hydrating face mist dan sheet mask untuk menghidrasi kulit wajah.

Baca Juga:

Kebiasaan Tidak Terduga Merusak Gigi

Manusia Cenderung Menyentuh Wajah 23 Kali Per Jam, Bagaimana Mencegahnya?
Jangan lupa untuk selalu membawa hydrating face mist dan sheet mask untuk menghidrasi kulit wajah. (Foto: Pexels/Min An)

Ada juga beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika traveling agar tetap menjaga kulit wajah. Untuk meringkas barang bawaan, kamu bisa menggunakan body cream sebagai eye make-up remover. Kemudian, gunakan plain Greek yogurt untuk mengobati jerawat. Gunakan Greek yogurt sebagai masker wajah selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat. Greek yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang bisa mencegah inflamasi dan menenangkan wajah.

Kamu juga bisa menggunakan conditioner hotel sebagai shaving cream, karena dua produk tersebut biasanya terbuat dari bahan baku yang sama-sama bisa melembutkan.

Jika jerawat sudah timbul di mana-mana dan kamu harus menghadiri acara yang penting, laman Cosmopolitan memberikan tips bahwa kamu bisa menggunakan obat tetes mata pada jerawat yang kemerahan. Bahan aktif untuk mengurangi kemerahan di mata juga bisa membantu mengurangi kemerahan di jerawat dan sekitar jerawat. (SHN)

Baca Juga:

Ladies, Berpuasa Membuat Kulit Cantik

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan