Tips Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 23 Desember 2020
Tips Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami
Memutihkan kulit tangan bisa memakai bahan alami. (Foto: carpaltunnelpos.com)

TIDAK hanya wajah, tapi kulit tangan juga harus dirawat. Saat tangan terpapar sinar matahari berlebih, tubuh akan memproduksi melanin supaya kondisi kulit tetap terjaga. Namun, produksi melanin yang terjadi secara terus-menerus akan membuat kulit nampak lebih gelap. Melansir laman Times of India, ini tips untuk memutihkan kulit tangan yang bisa kamu coba di rumah.

Lemon

Gunakan lemon secukupnya untuk memutihkan tangan. (Foto: unsplash.com/mkhaliqi)
Gunakan lemon secukupnya untuk memutihkan tangan. (Foto: unsplash.com/mkhaliqi)

Bahan alami pertama yang bisa dipakai untuk memutihkan warna kulit tangan adalah lemon. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan pencerah alami dalam lemon. Langkah yang perlu kamu lakukan pun cukup mudah.

Baca juga:

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan Kulit

Pertama, peras lemon lalu gunakan air perasan itu pada tangan. Diamkan dulu selama 15 menit atau sampai mongering, kemudian bilas dengan air. Namun, kamu perlu waspada karena kandungan zat asam dalam lemon bisa membuat kulit menjadi kering hingga iritasi. Sebaiknya, coba sedikit lemon pada kulit sebelum memakainya di seluruh area tangan.

Timun

(Gambar 2)

Timun memiliki kandungan astringent alami yang bisa mencerahkan warna kulit. Hal tersebut masih dapat dimaksimalkan karena adanya vitamin A pada timun yang mampu mengurangi produksi melanin.

Cara memutihkan kulit tangan dengan timun cukup mudah. Pertama, parut timun kemudian pakai hasil parutan itu pada kulit. Diamkan dulu selama 15 menit lalu bilas dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan secara rutin selama satu bulan.

Baca juga:

Tips Tepat dan Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk

Memakai jeruk berlebih pada kulit dapat membuat iritasi. (Foto: unsplash.com/kathryn_aleksa)
Memakai jeruk berlebih pada kulit dapat membuat iritasi. (Foto: unsplash.com/kathryn_aleksa)

Cara memutihkan kulit tangan yang direkomendasikan selanjutnya adalah dengan memakai jeruk. Jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C yang bisa mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Hasilnya, kulit tangan akan terlihat lebih cerah.

Caranya, peras jeruk lalu gunakan air perasan itu pada area kulit yang berwarna gelap. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hingga bersih. Sama seperti lemon, jeruk bisa menimbulkan iritasi, jadi coba di satu titik dulu sebelum mengaplikasikannya pada seluruh area kulit.

Yogurt

Kandungan dalam yogurt dapat mencerahkan kulit. (Foto: unsplash.com/saracervera)
Kandungan dalam yogurt dapat mencerahkan kulit. (Foto: unsplash.com/saracervera)

Warna kulit bisa lebih cerah jika kamu menggunakan yogurt secara rutin. Bahan alami ini mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai pencerah alami. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mengaplikasikan yogurt pada area kulit yang berwarna gelap.

Oleskan 1 sdt yogurt pada tangan kemudian diamkan dulu sampai benar-benar kering. Setelah itu, pijat area kulit selama beberapa menit lalu bilas dengan air. Dengan begitu, warna kulit yang gelap bisa terlihat lebih cerah. (Scp)

Baca juga:

COVID-19 Bisa Sebabkan Gejala Anosmia, Apa Itu?

#Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan