Tips Memulai Wawancara Kerja Secara Virtual Melakukan wawancara kerja secara virtual. (Foto: Unsplash/Dylan Ferreira)

DI masa pandemi seperti ini banyak kegiatan yang harus dilakukan secara virtual. Hal ini juga berlaku untuk sistem perekrutan karyawan yang mengharuskan si calon wawancara secara virtual. Sedangkan bagian yang paling menegangkan adalah wawancara atau interview kerja.

Meski pun Work From Home, kita tetap harus memikirkan bagaimana melakukan wawancara dengan webcam secara maksimal. Dilansir dari Usatoday.com, LinkedIn membantu penggunaanya dengan praktik video. The LinkedIn Job telah menyediakan 26 pertanyaan yang berpotensi untuk interview kerja. Seperti, beritahu tentang diri kamu, mengapa kamu ingin bekerja di sini, dan beberapa pertanyaan lainnya.

Baca juga:

Trik Belanja Aman saat Pandemi

Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menilai video jawaban wawancaramu. Mungkinkah terlalu cepat dalam berbicara atau mungkin kamu terlalu banyak mengucapkan "emmm..." Fitur ini akan membantumu untuk melakukan latihan sebelum wawancara kerja.

Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wawancara virtual. Nah, pastikan sebelum memulai merekam latar belakangmu bersih dan tak banyak gangguan suara. Selain itu, pastikan webcam juga setara dengan mata.

Bila kamu ingin memulai wawancara, LinkedIn membagikan beberpaa langkah penting.

1. Menguji koneksi internet

Mengecek jaringan internet sebelum melakukan interview virtual. (Foto: Unsplash/Thomas Jensen)
Mengecek jaringan internet sebelum melakukan interview virtual. (Foto: Unsplash/Thomas Jensen)

Kelancaran jaringan menjadi salah satu kunci utama dalam semua kegiatan virtual. Kamu harus perhatikan sinyal yang digunakan sudah berjalan baik sebelum wawancara dimulai. Tentunya lakukan persiapan dengan tenang dan jangan sampai membuat stres. Karena akan mengganggu konsentrasi ketika wawancara.

2. Ruangan tenang dan cukup cahaya

Pastikan ruangan tenang dan mendapat cukup cahaya. (Foto: Unsplash/Olena Sergienko)
Pastikan ruangan tenang dan mendapat cukup cahaya. (Foto: Unsplash/Olena Sergienko)

Pastikan ruanganmu tidak berisik dan bebas dari gangguan audio. Hal ini tentunya menjadi faktor penting agar wawancara tidak terganggu. Kemudian perhatikan juga pencahayaannya sudah cukup baik. Jangan sampai kamu membelakangi cahaya ya.

3. Pakaian yang sesuai

Tetap berpakian rapi dan profesional. (Foto: Unsplash/Hunters Race)
Tetap berpakian rapi dan profesional. (Foto: Unsplash/Hunters Race)

Meski pun wawancara hanya dilakukan di rumah, pakaian yang kamu gunakan juga harus tetap rapi. Apa yang akan kamu kenakan harus sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Ingat untuk berpakaian secara profesional agar tampil lebih percaya diri.

4. Membuka percakapan

Memulai dengan percakapan yang mencairkan suasana. (Foto: Unsplash/Brooke Cagle)
Memulai dengan percakapan yang mencairkan suasana. (Foto: Unsplash/Brooke Cagle)

Ketika sudah terhubung dengan pihak yang diwawancara jangan sampai lupa untuk menyapa. Atau kamu bisa menggunakan kata-kata yang dapat mencairkan suasana. Kamu bisa dengan membuka topik yang relevan sesuai dengan yang tertera di dalam CV.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu siapakan sebelum dan saat memulai wawancara pekerjaan. Meski pun Work From Home jangan sampai membuatmu malas untuk lebih profesional. (Ren)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani