Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 04 Juli 2022
Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok
Pastikan kamu menggunakan sisir dengan bulu lembut atau fleksibel dengan permukaan luas. (Foto: freepik/freepik)

MASALAH yang sering dialami orang dengan rambut tipis biasanya seputar kerontokan rambut. Mau tidak mau, kamu pun harus berhati-hati ketika menyisir agar kerontokan tidak semakin parah. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk mengetahui sisir mana yang tepat digunakan.

Meskipun melihat jumlah rambut rontok pada sisirmu bisa menjadi pemandangan yang menakutkan, para ahli sepakat bahwa menyikat rambut yang tipis bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan.

"Ketika harus menyisir rambut yang menipis, beberapa klien berpikir mereka harus sangat berhati-hati dengan sisir mereka sehingga mereka tidak menyebabkan lebih banyak rambut rontok. Ternyata melakukan yang sebaliknya lebih benar," kata penata rambut Shelly Aguirre di Maxine Salon, Chicago AS.

Menurutnya, kamu malah harus lebih sering menyisir rambut untuk merangsang kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut lebih lebat.

Baca juga:

4 Bahan Alami untuk Rambut Panjang nan Halus

Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok
Rambut basah adalah yang paling rentan terhadap peregangan saat ditarik. (Foto: freepik/freepik)

Namun sebelum kamu mulai menyisir dengan santai, perhatikan tekniknya agar tidak menarik berlebihan dan mencabut helai berharga rambutmu itu. Pertama, pastikan untuk menyisir dengan sapuan lembut. Mulailah dari bagian ujung rambut dan sisir bagian-bagian kecil.

"Saat menyisir, kamu ingin memastikan untuk memegang rambut yang paling dekat dengan kulit kepala agar tidak kusut dengan lembut tanpa menyebabkan tekanan," kata penata rambut Jenna Marie Shafer di New York City, AS. Cara ini akan membantumu menghilangkan kusut tanpa menarik akar rambut.

Hal penting lainnya, jangan pernah menyisir rambut saat basah. Rambut basah adalah yang paling rentan terhadap peregangan saat ditarik, jadi berisiko mengalami kerusakan yang tidak perlu jika kamu langsung menyisir seusai keluar dari kamar mandi.

Lalu seberapa sering kamu dapat menyisir rambut tipis yang mengalami kerontokan? Kebanyakan penata rambut tampaknya hanya menyarankan sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Menyisir secara berlebihan juga dapat membuat kulit kepala tegang, jadi usahakan agar frekuensinya tidak lebih dari dua kali sehari.

Baca juga:

Selain Bagus Buat Rambut, Begini Manfaat Lain Lidah Buaya Bagi Tubuh

Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok
Kamu harus lebih sering menyisir rambut untuk mendorong pertumbuhan rambut lebih lebat. (Foto: freepik/gpointstudio)

Jika kamu terus-menerus bergumul dengan rambut kusut, coba gunakan semprotan anti kusut pada rambut basah dan biarkan hingga benar-benar kering, sebelum menyisir.

Setelah kamu tahu cara menyisir rambut yang tipis dan rontok, mari bicara tentang jenis sisir yang harus digunakan. Pemilihan sisir juga tidak kalah penting. "Pastikan untuk menggunakan sisir dengan bulu lembut atau fleksibel, karena ini akan membantumu menyisir tanpa memberikan terlalu banyak tekanan," saran Shafer seperti diberitakan di Real Simple.

Aguirre menambahkan bahwa sisir sikat dari bahan alami seperti bulu binatang, akan membantu minyak menyebar secara merata dari kulit kepala hingga ke ujung helai rambut.

Sementara, sisir sikat dari bahan nilon, sintetis, dapat membantu merangsang kulit kepala. Dengan kata lain, sisir rambut yang ideal adalah yang menggunakan campuran bahan alami dan sintetis. Pilih pula yang memiliki area permukaan yang luas untuk membuat menyisir rambut dapat dilakukan semudah mungkin. (aru)

Baca juga:

Sama-sama Perawatan Rambut, Pahami Perbedaan Masker Rambut, Creambath, dan Hair Spa

#Rambut Rontok #Rambut Sehat #Kecantikan #Tips Kecantikan #Info Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan