Tips Memilih Ransel Untuk Liburan Memilih tas ransel yang nyaman harus sesuai dengan kebutuhan. (Foto: Pexels/Sebastian Voortman)

SALAH satu benda wajib yang dibawa saat melancong adalah tas. Tas travelling memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Masing-masing orang memiliki selera tas yang akan dibawa saat melancong. Ada yang suka membawa koper, ada yang senang dengan ransel, dan ada pula yang memilih tas jinjing. Di antara ketiga jenis tas tersebut, tas ransel paling banyak diminati. Selain bentuk dan modelnya variatif, tas ransel juga dinamis dan mudah dibawa-bawa. Berikut faktur yang bisa dipertimbangkan saat memilih tas ransel yang tepat untuk melancong:

Merek Paling Bagus

tas ransel
Tas ransel dengan merk tertentu menunjukan kualitas. (Foto: Pexels/Scott Webb)

Kualitas tas ransel bisa dilihat dari merek tas. Beberapa merek tas dikenal memiliki desain yang berkualitas, kokoh, dan tahan lama. Biasanya tas dengan merek terkenal dibanderol dengan harga cukup tinggi. Namun tak perlu khawatir. Kita membayar mahal untuk kualitas produk.

Tas bermerek biasanya lebih tahan lama. Dengan sekali membeli tas ransel kita tak perlu menggantinya dalam waktu beberapa tahun. Kita pun menghemat lebih banyak pengeluaran. Beberapa merek tas yang cukup terkenal akan kualitas produknya misalnya Berghays, Deuter, Osprey, Vango, Karrimor, Highlander, atau Bodypack.

Ukuran Ideal

tas ransel
Sesuaikan tas ransel dengan kebutuhan perjalanan. (Foto: Pexels/veerasak Piyawatanakul)

Ukuran tas merupakan salah satu hal yang harus kita pertimbangkan saat membeli tas ransel. Menentukan ukuran tas cukup rumit dan membingungkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menentukan ukuran tas yang sesuai adalah dengan menghitung berapa lama kita akan melancong dan seberapa banyak barang yang akan di bawa. Pertimbangkan juga transportasi yang akan digunakan selama melancong. Jika kita lebih sering naik transportasi umum, pilihlah ukuran yang tak terlalu besar karena dapat mengganggu penumpang lain.

Desain yang Tepat

tas ransel
Tas ransel yang memiliki banyak kompartemen bagus. (Foto: Pexels/Vishwajeet Singh Rajput)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain yang menarik membuat sebagian besar orang memilih tas ransel. Untuk itu, pertimbangkan desain ransel yang hendak kita pilih. Carilah ransel dengan bukaan resleting yang cukup besar. Resleting yang lebar membuat ransel kita tampak seperti koper ketika dibuka. Resleting cukup lebar juga memudahkan kita untuk memasukkan barang-barang.

Pilih tas yang memiliki banyak kompartemen. Tas yang memiliki banyak kompartemen memudahkan kita untuk menyimpan barang-barang di setiap bagian. Semakin banyak kompartemen semakin baik. Ransel yang memiliki roda di bagian bawah juga bisa menjadi pilihan menarik. Namun, ransel dengan roda hanya diperuntukkan untuk jalanan di negara-negara maju yang baik. Sementara di negara- negara berkemban, jalan setapaknya tidak terawat. Akibatnya, roda justru menambah berat tas kita.

Itulah ketiga hal yang harus dipertimbangkan saat memilih ransel. Memilih ransel yang tepat tak hanya memudahkan perjalanan tetapi juga membuat kita terlihat lebih gaya. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo