Tips Memilih Head Unit Mobil Bagi Pemula

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 19 Juni 2022
Tips Memilih Head Unit Mobil Bagi Pemula
Jangan salah dalam memilih head unit mobil (Foto: pixabay/jam3933)

HEAD unit merupakan perangkat hiburan menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Selain menghibur, peranti tersebut juga bisa membuat pengemudi lebih rileks ketika berkendara. Namun, head unit ditawarkan di pasaran jenis dan mereknya sangat beragam, karena itu tak sedikit para pemilik mobil kebingungan saat memilih kali pertama head unit untuk mobilnya.

Head unit berfungsi sebagai otak pada perangkat hiburan di mobil sehingga pengemudi atau penumpang bisa mendengarkan musik dari CD, radio, atau koneksi bluetooth, serta menonton televisi atau film.

Mengenai pemilihan head unit, Sales Manager PT Dinamika Harmoni Jaya (DHJ) Adi Wijaya, memberikan tips agar pemiliki mobil masih pemula tidak salah dalam memilih, salah satunya dengan menyesuaikan anggaran kebutuhan.

Baca Juga:

Beralih ke Hibrida dan Listrik, Fiat Hentikan Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil

"Bagusnya, kalau kita pasang head unit sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu, sesuaikan juga dengan budget kita," kata Adi seperti dikutip dari laman Antara.

Pilihlah head unit yang sesuai dengan budget dan kebutuhan (Foto: pixabay/mikes-photography)

Head unit dengan fitur lengkap, menurut Adi, sebaiknya jangan terlalu dijadikan pilihan jika fitur-fitur tersebut ternyata jarang atau malah tidak dipakai sama sekali.

"Banyak kan fitur-fitur dari head unit mungkin enggak akan digunakan. Jadi fitur itu bisa disingkirkan dulu. Kita lihat mana fungsi mau digunakan," jelas Adi.

Salah satu fitur paling banyak dibutuhkan saat ini, sambungnya, tak lain konektivitas, terlebih saat ini penggunaan ponsel pintar sudah sangat umum di masyarakat sehingga berbagai kebutuhan pun bisa sangat mudah diakses lewat ponsel pintar.

"Karena itulah kita sangat concern dengan konektivitas, sehingga bisa nyaman ketika di dalam mobil. Biasanya kan apa kita-kita suka ada di smartphone, dan kita bisa putar itu di head unit," ucap Adi.

Baca Juga:

Tips Membeli Mobil Baru Bagi Milenial

Selain menyesuaikan kebutuhan dan budget, pentingnya juga untuk memperhatikan kualitas (Foto: pixabay/pexels)

Lalu, tidak hanya menyesuaikan anggaran dan kebutuhan, Adi menegaskan pentingnya menilai kualitas head unit agar tidak menyesal di kemudian hari. Karena, terkadang orang lebih memikirkan harga lebih murah tapi tidak memikirkan kualitas.

Keamanan merupakan salah satu hal penting untuk dipertimbangkan saat memilih head unit. Semula ingin berhemat dengan membeli head unit murah dengan kualitas rendah kemudian tak puas lalu ingin menggantinya. Alhasil, anggaran malah lebih banyak keluar.

"Sebenarnya, di head unit Pioneer juga kan udah ada keamanannya. Jadi kalau misalnya terjadi sesuatu, kita ada sekringnya bisa memutus arus supaya tidak terjadi sesuatu tidak diinginkan, misalnya kelebihan daya atau hal lainnya menyebabkan kerusakan mobil," tutupnya. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Mudah Merawat Mobil Diesel

#Teknologi #Mobil #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan