Tips Memilih Camilan Anak

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 08 Juni 2017
Tips Memilih Camilan Anak
Kudapan buah dapat menunjang proses tumbuh kembang bayi. (Foto: Pixabay)

Mengudap alias "ngemil" ternyata bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Hal itu diungkapkan psikolog anak, Novita Tandry. Aktivitas mengudap atau snacking pada bayi berusia di atas delapan bulan bisa membantu mengembangkan kemampuan panca indranya.

Ketika anak memegang kudapan sendiri, kemudian masukkan makanan ke dalam mulutnya, ia secara otomatis mengasah kemampuan motoriknya. "Snacking juga melatih self feeding skill agar anak bisa makan sendiri," ungkap Novita.

Saat ini kemampuan motorik amat penting mengingat anak-anak tumbuh di dunia dengan teknologi serbacanggih. Mainan yang dahulu berbentuk fisik sekarang tergantikan dengan hiburan yang ada di gawai alias gadget. Ini salah satu alasan mengapa melatih kemampuan motorik anak harus dilakukan sejak dini.

Lantas, camilan seperti apa yang pas untuk melatih kemampuan motorik bayi? Camilan berbentuk kecil, agar anak belajar menjimpit, mengambil dengan ujung telunjuk dan jempol. Kemampuan menjimpit benda berukuran kecil ini biasanya berkembang saat anak berusia 8-9 bulan. "Menjimpit jadi bekal untuk (beberapa) kemampuan seperti menulis, menggunting dan mewarnai," ujar Novita.

Namun, tentu saja tidak semua makanan berukuran kecil bisa dijadikan kudapan anak. Praktisi kesehatan anak, Margareta Komalasari, menjelaskan syarat kudapan yang baik untuk anak ialah makanan yang mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Kemudian makanan yang mengandung zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

"Pilih healthy snack. Misalnya, buah," kata Margareta.

Syarat lain ialah pilih camilan yang ukurannya tidak lebih kecil daripada tangan anak agar makanan tidak tersangkut di tenggorokan. Jika memang bentuknya kecil, cari yang cepat lumer agar terhindar dari risiko tersedak. Anda tentu tidak ingin buah hati tersedak saat sedang "ngemil". Kalau begitu, jangan lupa ikuti tips dari Margareta ya.

Sumber: ANTARA

Baca artikel lain tentang tumbuh kembang anak pada artikel 5 Tempat Di AEON Mall Yang Bagus Untuk Tumbuh Kembang Anak.

#Ahli Gizi #Tumbuh Kembang Anak #Camilan
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan