Tips Membuat Skor Kredit Bisnis di 2022

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 28 Januari 2022
Tips Membuat Skor Kredit Bisnis di 2022
Meningkatkan skor kredit bisnis mirip dengan memperbaiki skor kredit pribadimu. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

SEBELUM kamu memutuskan untuk meminjam uang ke bank atau lembaga jasa keuangan lainnya, mereka akan menilai skor kreditmu terlebih dahulu. Pada prosesnya, profil calon peminjam akan diulas atau dianalisis, mulai dari data diri, usia, status pekerjaan, jabatan, masa kerja, gaji, hingga pekerjaan pasangan.

Mengutip laman Life Hacker, skor kredit bisnis adalah angka yang menunjukkan apakah suatu perusahaan adalah kandidat yang baik untuk menerima pinjaman atau menjadi pelanggan bisnis. Skor menentukan layanan kreditmu dan dihitung menggunakan informasi kredit dari pemasok dan pemberi pinjaman, pengajuan pengadilan, dan catatan agen penagihan.

Laporan ini akan mencakup informasi latar belakang tentang perusahaanmu, seperti status pelaporan pajak, jumlah karyawan, status properti, dan informasi perbankan yang relevan, termasuk riwayat kebangkrutan, penyitaan, hak gadai, dan tuntutan hukum. Perlu dicatat bahwa pemberi pinjaman juga dapat melihat laporan kredit pribadimu, sehingga kedua jenis nilai kredit tersebut tidak sepenuhnya terpisah.

Baca juga:

Strategi Bisnis Kuliner di Masa Pandemi, Dijamin Laris Manis

Tips Membuat Skor Kredit Bisnis di 2022
Pastikan perusahaan terhindari dari hutang. (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Tidak seperti skor kredit konsumen yang mengikuti algoritma penilaian standar dan berkisar dari 300 hingga 820, skor kredit bisnis umumnya berkisar dari 0 hingga 100. Terlepas dari metode khusus yang digunakan, bisnis akan memiliki skor kredit yang baik jika membayar tagihannya tepat waktu, menghindari masalah hukum, dan tidak menimbulkan banyak hutang.

Baca juga:

Belajar Trik Bisnis dari Film 'The Founder'

Tips Membuat Skor Kredit Bisnis di 2022
Harus ada kesepakatan antara dua belah pihak. (Foto: Unsplash/Cytonn Photography)

Keuntungan yang ditawarkan dari skor kredit itu sendiri adalah membantumu mendapatkan pinjaman yang lebih besar dengan tingkat dan berbagai persyaratan. Menurut studi yang dilakukan pada 2019 silam oleh perusahaan keuangan asal AS, Nerdwallet, 45 persen peminjam usaha kecil tidak diberikan kredit karena nilai kredit bisnis mereka.

Ketika kamu membuka bisnis, kamu tidak akan secara otomatis mendapat skor kredit bisnis. Skor tersebut dibangun seiring berjalannya waktu, meskipun tidak ada jaminan itu terjadi. Untuk memastikan membangun skor kredit bisnis ada yang harus kamu lakukan seperti menetapkan bisnis sebagai badan hukum terpisah, seperti kemitraan atau kerja sama. Kemudian, buka rekening bank atas nama bisnis, dapatkan nomor telepon bisnis secara terpisah, dan nomor identifikasi pemberi kerja.

Dalam banyak hal, meningkatkan skor kredit bisnis mirip dengan memperbaiki skor kredit pribadimu. Membayar waktu tagihan, menetapkan batas kredit, dan mengawasi laporan kredit jika terjadi kesalahan. (and)

Baca juga:

Bisnis Ikan Discus Tembus Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

#Lipsus Resolusi Refleksi Januari
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan