Tips Membuat Anggaran Bulanan di Awal Tahun Agar Tetap Stabil Kelola anggaran bulanan awal tahun kamu dengan baik (Foto: pixabay/stevepb)

MEMBUAT anggaran bulanan tentu tak boleh dilakukan secara asal. Pasalnya akan sangat merugikan jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Untuk itu dibutuhkan suatu rencana anggaran yang harus seimbang antara pendapatan, kebutuhan pribadi, bahan makanan dan kebutuhan yang lainnya.

Apalagi saat ini telah memasuki awal tahun, tentunya awal tahun kamu harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, untuk itu yuk simak beberapa tips menarik untuk mengatur anggaran bulanan di awal tahun.

1. Buat Daftar Kebutuhan Makanan Utama

Pertama-tama buatlah daftar anggaran (foto: Pixabay/tumisu)

Buatlah daftar jenis makanan untuk kebutuhkan utama kamu. Hal itu akan membuatmu lebih teratur dalam memprioritaskan barang-barang yang benar-benar kamu perlukan. Seperti produk segar yaitu buah-buahan, sayuran, telur, daging, tepung, gula serta rempah-rempah. Setelah membeli bahan makanan utama tersebut, barulah kamu bisa menghabiskan sisa anggaran kamu untuk barang-barang lainnya

2. Kurangi Makan di Luar

Jangan sering-sering makan diluar (foto: pixabay/element5digital)

Jangan terlalu sering untuk makan diluar, karena itu akan merusak rencana kamu untuk mempertahankan serta mengelola anggaran bulanan. Pilih prioritas mana acara yang sangat penting dan benar-benar harus kamu datangi. Dengan begitu anggaran kamu tak akan lebih besar pengeluaran ketimbang pendapatan.

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH