Tips Membuat Anak Fokus Belajar #DirumahAja ala Frida Dwiyanti Anak butuh didampingi orangtua ketika virtual class. (Foto: pixabay/finelightarts)

VIRUS Corona yang telah tersebar ke seluruh dunia membuat pemerintah mengharuskan kita untuk berkegiatan dirumah, termasuk bekerja (work from home) maupun sekolah.

Perubahan metode kegiatan belajar-mengajar via online tentu direspon berbeda-beda oleh para pelajar. Dari yang biasanya bisa bertatap muka dan berinteraksi terhadap guru dan teman, kini semua tugas maupun ulangan harus dikerjakan atau disampaikan secara online.

Dalam kesempatan kali ini, Nucha Bachri selaku Chief Content Officer of Parentalk telah mengundang Frida Dwiyanti selaku Sampoerna Academy Primary Principal - L’Avenue Official dengan tema Fokus Belajar Lewat Virtual School.

Apa itu istilah virtual school atau distance learning?


Kegiatan anak di depan gadget harus dibatasi. (Foto: pixabay/white77)
Kegiatan anak di depan gadget harus dibatasi. (Foto: pixabay/white77)

Distance learning atau yang disebut juga sebagai virtual school merupakan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh yang menggunakan media virtual.


Bagaimana caranya membuat agar anak fokus selama virtual school?

Tips Membuat Anak Fokus Belajar #DirumahAja ala Frida Dwiyanti
Membuat anak fokus belajar di rumah (Foto: Pixabay/sof_lo)


"Belajar jarak jauh menjadi sesuatu yang menarik sekaligus menantang," ungkap Frida. Para pengajar harus mampu membuat para anak engage (terlibat) dan tetap fokus dalam mengikuti sesi dari awal sampai akhir.

Pertama, Frida mengungkapkan bahwa para pengajar bisa memanggil para muridnya untuk membuat pelajar merespon. Caranya, para pengajar bisa menyapa para muridnya dan memberikan pertanyaan seperti "Good morning, how are you?" untuk membuat pelajar merasa dilibatkan.

Baca juga:

Tugas Ribet itu Bernama Menjadi Orangtua


Kedua, berikan aturan bahwa jika ingin bertanya, pelajar harus angkat tangan dan menunjukkan tanda oke atau jempol jika jawaban sudah jelas. "Anak akan terus aktif jika seperti ini, terus fokus," tambahnya.


Seberapa sering melakukan virtual school?


Virtual school adalah belajar jarak jauh yang memanfaatkan wahana internet. (Foto: pixabay/free-photos)
Virtual school adalah belajar jarak jauh yang memanfaatkan wahana internet. (Foto: pixabay/free-photos)


Kegiatan virtual school dibatasi untuk menyeimbangkan kegiatan anak-anak agar tidak selalu di depan gadget.

"Di sisi lain, ada target yang harus dipenuhi. Kami sudah memodifikasi kurikulum supaya kurikulum yang kita sampaikan di virtual school tetap membantu anak manakala nanti sekolah dibuka," ungkap Frida.

Kurikulum selama pandemi harus dimodifikasi agar nanti pembelajaran tidak berantakan ketika pelajar sudah bisa masuk ke sekolah seperti biasa.

Baca juga:

Orangtua Butuh 'We Time', Ini Alasannya


Frida mengatakan bahwa dilakukan virtual class diadakan dua kali seminggu bersama guru di Sampoerna Academy. "Ada online dan offline, jadi minggu ini kita online dengan music teacher misalkan, jadi minggu depan kita offline, tapi ada tugas yang diberikan."

Biasanya para pengajar memanfaatkan Google Clasroom sebagai media komunikasi dengan para pelajar.


Apa tips agar anak-anak bisa tetap terlibat selama menjalani virtual school?

Pendekatan STEAM bisa digunakan oleh para pengajar. (Foto: pixabay/picjumbo_com)
Pendekatan STEAM bisa digunakan oleh para pengajar. (Foto: pixabay/picjumbo_com)

Di Sampoerna school ada yang dinamakan STEAM (science, technology, engineerig, arts, and mathematic) approach.

Pendekatan ini adalah mengajak anak untuk bisa kreatif dan berinovasi, misalnya anak-anak ditugaskan untuk menciptakan alat musik sendiri pada pelajaran musik dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dirumah.

Selain mengasah kreativitas anak, kegiatan-kegiatan menarik seperti ini juga mampu melatih anak untuk mengambil keputusan dalam memilih barang-barang yang ada dirumah serta mengasah kemampuan berkomunikasi ketika mempresentasikan alat musik ciptaannya.


Bagaimana cara orangtua untuk mengatur waktu bekerja dan mendampingi anak sekolah dirumah?

Tips Membuat Anak Fokus Belajar #DirumahAja ala Frida Dwiyanti
Orangtua mendampingi anak belajar (Foto: Pixabay/ddimitrova)


Selain bagi tugas antara ayah dan ibu, usahakan untuk mengetahui schedule kapan anak sekolah online. Guru harus membagikan schedule kepada orangtua agar manajemen waktu bisa dilakukan. (shn)

Baca juga:

Moms, Ini 4 Aktivitas Seru Untuk Anak-Anak Ketika #DirumahAja

Kredit : shenna


Shenna