Tips Membersihkan Saluran Tersumbat di Wastafel Ilustrasi membersihkan saluran air wastafel. (MP/John Abi)

MerahPutih Properti - Sering kali saluran pembuangan air wastafel menjadi kendala akibat mampet. Sebaiknya anda jangan terburu-buru membongkar sambungan pipa wastafel.

Perlu diketahui membersihkan wastafel harus sering dilakukan guna mencegah penyumbatan kotoran yang menumpuk di dalam saluran pembuangan air. Berikut ini langkah-langkah mengatasi saluran tersumbat dengan menggunakan bahan alami yang bisa membantu saluran pembuangan mampet secara cepat.

1. Pembersih saluran air berbahan kimia

Dilansir dari cleanipedia, berbagai produk dirancang khusus untuk melonggarkan saluran pembuangan air. Ketika dituangkan langsung ke dalam saluran yang tersumbat, pembersih dengan bahan kimia ini bekerja menghancurkan timbunan lemak dan kotoran pada dinding pipa yang menyebabkan mampet. Kandungannya juga mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap. Jika penyumbat tidak hilang setelah tuangan pertama, ulangi tanpa perlu memakai alat untuk menyodok kotoran di dalam pipa.

2. Pembersih saluran air alami

Dengan pertimbangan keselamatan dan lingkungan, sebagian orang lebih memilih bahan-bahan alami untuk mengatasi saluran pembuangan air mampet sebelum memakai jurus terakhir memakai produk berbahan kimia. Metode berikut ini terbukti ampuh:

- Tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pembuangan yang mampet. Pastikan serbuk mencapai bagian yang menyumbat di dalam pipa.

- Tuangkan sekiranya dua cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit.

- Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa dan langsung ikuti dengan satu cangkir cuka.

- Tutup lubang wastafel. Anda akan melihat buih dan mendengar gemuruh suara reaksi bahan-bahan tersebut. Jangan panik, ini pertanda baik!

- Ketika buih telah hilang, tambahkan dua cangkir air mendidih. Selamat mencoba.


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu