Tips Membagikan 'Salam Tempel' Digital Saat Lebaran Agar Tepat Sasaran Kenali tips dalam membagikan 'Salam Tempel' Digital agar tepat sasaran (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

DEMI menekan penyebaran Virus COVID-19, banyak masyarakat yang memilih untuk silaturahmi online, hingga situasi pandemi telah kondusif.

Selain silaturahmi tatap muka ke rumah sanak saudara, tradisi 'salam tempel' bagi para anak-anak pun terpaksa harus berubah, yakni dengan cara memberikan uang lewat dompet digital.

Baca Juga:

Bijak Rencanakan Keuangan Jelang Lebaran bagi Milennial

Pandemi memaksa sejumlah tradisi sementara harus berubah (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Karena, disaat pandemi tidak memungkinkan memberikan uang fisik, bukan berarti kamu lantas berdiam diri dan membiarkan tradisi itu hilang.

Saat ini berbagai aplikasi dompet digital seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja dan sebagainya, banyak digunakan di kalangan masyarakat. Deretan dompet digital tersebut, bisa kamu jadikan platform untuk memberikan 'Salam Tempel' kepada para keponakan, saudara dan orang-orang terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mobile banking untuk mentransfer 'salam tempel' dengan praktis tanpa harus bertatap muka dan bersentuhan.

Cara tersebut tentunya sangat efektif dalam memberikan 'Salam Tempel' digital. Dengan begitu, tradisi 'salam tempel' bagi anak-anak tak lantas hilang diterjang pandemi. Hanya saja berbeda metode pemberian.

Baca Juga:

Tanaman Hias Berbunga Putih Percantik Rumah saat Lebaran

duit
Salam tempel digital lebih aman di masa pandemi. (Foto: Pixabay/Ekoanug)

Namun, sebelum memberikan 'Salam Tempel' Digital, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam mentransfer uang untuk Salam Tempel.

Pertama-tama yakni pastikan nomor rekening dan nama si penerima 'Salam Tempel' benar. Bila yang ingin kamu berikan 'Salam Tempel' masih dibawah umur dan belum memiliki rekening, kamu bisa menanyakan rekening orangtuanya. Kemudian, kamu cocokan kembali nomor rekening dengan nama uangnya, setelah itu, barulah kamu transfer uang 'Salam Tempel' yang ingin kamu berikan.

Setelah memastikan nomor rekening dan nama penerima benar adanya, pastikan jumlah uang 'Salam Tempel' tidak kelebihan atau kurang. Karena bila kamu tidak sengaja kirim berlebih, maka kamu akan merasa tidak enak untuk memintanya kembali.

Baca Juga:

Tips Cerdas Menjadi Juara Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Pandemi COVID-19, membuat salam tempel kini tak lagi dengan uang fisik, melainkan melalui transfer atau dompet digital (Foto: Pixabay/emaji)

Selain itu, jangan juga sampai kurang jumlahnya dalam mentransfer 'Salam Tempel'. Karena, apabila jumlahnya kurang dari yang ingin kamu berikan, bisa membuat pihak keluarga yang kamu berikan 'Salam Tempel' menjadi tersinggung dan 'nyinyir'.

Tips yang ketiga yakni pastikan kamu mengirim 'Salam Tempel' tepat sasaran. Biasanya, 'Salam Tempel' diberikan kepada anak-anak yang masih sekolah dan belum bekerja. Karena itu, jangan sampai kamu salah memberikan, hal tersebut agar pembagian 'Salam Tempel' bisa tepat sasaran.

Tips yang keempat, telepon atau video call keponakan atau saudara yang sudah kamu transfer 'Salam Tempel' digital. Hal ini untuk memastikan bahwa si anak mengetahui kamu telah memberikannya 'Salam Tempel' Lebaran. Selain itu, sebut juga jumlah uang yang sudah kamu berikan.

Hal tersebut dilakukan guna menghindari 'Ngibul-Ngibulin Bocil' yang dilakukan para orangtua terhadap sang anak. Karena, bisa jadi uang tersebut 'ditilep' ke kantong orangtua, dan tak diberikan kepada anak. (Ryn)

Baca juga:

4 Hal ini Bikin Kantong Milenial dan Gen Z Jebol!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mpok Minah 'The Queen' of Minta Maaf
Fun
Mpok Minah 'The Queen' of Minta Maaf

Mpok Minah minta maaf terus sebelum bicara.

Komik Ukuran Titan untuk Rayakan Edisi Terakhir 'AOT'
Fun
Komik Ukuran Titan untuk Rayakan Edisi Terakhir 'AOT'

Manga buatan Hajime Isoyama itu dijadwalkan berakhir pada April.

Konser Musik Forest Gets Noise Obati Kerinduan Para Metalhead
ShowBiz
Konser Musik Forest Gets Noise Obati Kerinduan Para Metalhead

Para penonton akan disuguhkan konsep camping outdoor dengan distrosi super extreme dari sejumlah band metal ternama Tanah Air.

Mikroba Bisa Tumpangi Perut Pelancong
Fun
Mikroba Bisa Tumpangi Perut Pelancong

Pelancong bisa saja membawa mikroba setelah pulang dari liburan.

Miskonsepsi Tentang Miss V
Fun
Miskonsepsi Tentang Miss V

Aroma Miss V bukan tanda ketidakbersihan.

Peringati 10 Tahun Album Born This Way, Intip 3 Looks Lady Gaga yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
ShowBiz
Peringati 10 Tahun Album Born This Way, Intip 3 Looks Lady Gaga yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Beberapa tampilan ini juga menjadi favorit dari perancang busana Lady Gaga, Nicola Formichetti

BTS Sumbang Kostum Ikonis 'Dynamite' untuk Dilelang
ShowBiz
BTS Sumbang Kostum Ikonis 'Dynamite' untuk Dilelang

Kostum BTS terdiri dari kemeja, topi, sneakers, celana, dan kaus itu diperkirakan seharga US$20.000-40.000 (Rp284-569 juta).

Drama Korea Adaptasi Serial TV Barat, Kian Marak
Fun
Drama Korea Adaptasi Serial TV Barat, Kian Marak

Peningkatan remake dari serial TV barat, merupakan strategi pemasaran.

Prada Luncurkan Jaket Kece untuk Anjing
Fashion
Prada Luncurkan Jaket Kece untuk Anjing

Tidak hanya satu, rumah fesyen asal Italia itu sudah siapkan tiga desain berbeda.

'Rugrats' akan Kembali dalam Format Animasi CG
ShowBiz
'Rugrats' akan Kembali dalam Format Animasi CG

Penonton akan serasa ditarik mundur untuk melihat seberapa imajinatif mereka saat bepergian.