Tips Melancong ke Busan ala para Backpacker Desa Gamcheon Culture di Busan. (Foto: Pixabay/mcu1st0)

BUSAN merupakan salah satu kota metropolitan di Korea. Kota berpenduduk 3,5 juta ini cukup terkenal di antara para traveler ke 'Negeri Ginseng'. Selain wisata pantai, ada banyak tempat wisata kota terkenal di Busan.

Di antara tempat ikonik di Korea, yang paling lebih dikenal memang Jeju, Nami Island dan segudang atraksi di Seoul. Selain tempat wisata, Busan juga merupakan kota yang menawarkan segudang makanan enak.

Busan berjarak sekitar 350 km dari Ibu Kota Seoul. Ada banyak cara menuju Busan dari Seoul. Mulai dari bus, kereta cepat (KTX), kereta biasa hingga pesawat. Berikut cara paling hemat jalan-jalan ke Busan, dikutip iStyle.

1. Naik Bus

Calon menumpang mencetak tiket elektronik. (Foto: istyle.id)
Calon menumpang mencetak tiket elektronik. (Foto: istyle.id)

Bus adalah pilihan terbaik untuk budget traveller. Ada banyak kelas bus ke Busan, harga one-way dimulai dari 24 ribu won atau sekitar Rp 300 ribu rupiah. Pemesanan tiket bisa dilakukan di kobus.co.kr atau bustago.co.kr sesuai dengan terminal asal dan tujuan. Rute yang disarankan adalah dari Nambu Terminal atau Gyeongbu Line Seoul (Express Bus Terminal) ke Sasang (Busan).

Perbedaan utama dari excellent dan economy hanyalah tempat duduknya. Excellent lebih besar dan nyaman karena bersetting 2-1 dan dilengkapi plug USB untuk mengisi baterai jika diperlukan.

Setelah memesan tiket online, tiket bisa diakses secara elektronik atau dicetak di mesin yang ada di terminal. Kalau belum memesan atau ada kesulitan pembayaran, konter juga melayani penjualan tiket offline. Umumnya masih akan ada sedikit tiket tersedia hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Pemesanan awal tentu lebih baik.

Jika ingin menekan budget penginapan, maka pilihlah bus yang berangkat tengah malam dari Seoul. Perjalanan ke Busan akan ditempuh dalam waktu 4,5 jam termasuk istirahat. Sampai di Sasang, kamu bisa menunggu kereta subway pertama di restoran cepat saji sekitar terlebih dahulu.


2. Spa Cantik di Spa Land

Salah satu sudut kota Busan. (Foto: Pixabay/KimJaesub)
Salah satu sudut kota Busan. (Foto: Pixabay/KimJaesub)

Buka mulai jam 6 pagi, Spa Land (Centum City Station) adalah sauna super mewah dengan berbagai fasilitas menarik. Pengalaman di Spaland tentu akan menjadi sangat unik karena tidak seperti sauna ala Korea lainnya, Spaland memiliki teknologi canggih dan sangat modern. Setelah membayar biaya masuk untuk 4 jam, pengunjung akan diberikan handuk, baju dan gelang yang juga berfungsi sebagai kunci loker dan alat pembayaran. Jadi semua transaksi di dalam Spa Land tidak menggunakan cash. Kita akan bayar setelah keluar.

Empat jam di Spa Land akan berlalu sangat cepat. Perjalanan bisa dilanjutkan ke pantai ikonik di Busan: Haeundae. Pantai Haeundae hanya berjarak 3 stasiun dari Centum City. Ada banyak jajanan yang bisa dinikmati di Haeundae terutama Odeng, fish cake Korea yang rasanya lebih mantap di Busan.


3. Menikmati Yonggungsa

Yonggungsa yang terkenal di Busan. (Foto: Pixabay/sirocumo)
Yonggungsa yang terkenal di Busan. (Foto: Pixabay/sirocumo)

Selepas bersantai di Haeundae, coba untuk pergi ke Yonggungsa, kuil di pinggir laut. Yonggungsa letaknya lumayan jauh dan bisa dicapai dengan naik bus 81 dari exit 10 Haeundae Station. Bus tidak akan berhenti di pintu masuk, dan kamu masih harus jalan menanjak untuk mencapai Yonggungsa. Jangan putus asa dahulu, karena pemandangannya sangat cantik dan sayang untuk dilewatkan.


4. Indahnya Gwangalli di Malam Hari

Gwanghalli. (Foto: Pixabay/manseok)
Gwanghalli. (Foto: Pixabay/manseok)

Sore menjelang malam, datanglah ke Gwangalli untuk melihat jembatan yang menjadi ikon Busan sambil menikmati hidangan di kafe sekitar. Ada banyak penginapan budget di sekitar Haeundae, atau Wendy’s House di Gwangalli yang berjarak hanya 2 menit dari pusat keramaian. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kegiatan Antibosan untuk Isi Waktu Libur di Rumah



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH